Yang Perlu Diketahui soal Beda Syarat Tes Corona untuk ke Pulau Dewata

ADVERTISEMENT

Round-Up

Yang Perlu Diketahui soal Beda Syarat Tes Corona untuk ke Pulau Dewata

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 06:15 WIB
wisata Bali
Foto: Ilustrasi objek wisata di Bali. (Dok. kemenparekraf)
Denpasar -

Pemerintah Provinsi Bali mewajibkan pengunjung yang hendak ke Pulau Dewata harus dinyatakan negatif virus Corona (COVID-19). Syaratnya, pengunjung yang ke Bali harus menunjukkan hasil tes swab/PCR atau rapid test antigen.

Ketentuan ini diteken Gubernur Bali I Wayan Koster lewat surat edaran Nomor 2021 Tahun 2020. Syarat soal tes PCR atau rapid test antigen ke Bali berlaku mulai besok, 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Apa yang perlu Anda ketahui soal beda syarat ini?

- Beda Moda Transportasi

Bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang akan masuk Bali melalui jalur udara wajib menunjukkan surat negatif tes swab berbasis PCR. Sedangkan untuk pengunjung melalui jalur darat wajib menunjukkan surat rapid test antigen.

- Masa Berlaku PCR dan Rapid Test Antigen

Koster menyatakan pengguna transportasi udara atau pesawat harus menunjukkan bukti negatif dari hasil tes swab PCR minimal 2 hari sebelum keberangkatan. Bagi yang melakukan perjalanan memakai kendaraan pribadi melalui transportasi darat dan laut wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji rapid test antigen minimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

- Alasan Beda Syarat PCR dan Rapid Test Antigen

Syarat untuk memasuki Bali memang dibedakan antara jalur udara dan jalur darat. Menurut Gubernur Koster, alasan perbedaan tersebut karena merupakan klaster yang berbeda dan juga kelas yang berbeda.

"Ya karena klasternya beda," kata Koster saat jumpa pers di Rumah Dinas Gubernur Jayasabha, Bali, Selasa (15/12).

Selain itu, Koster menilai pelaku perjalanan menggunakan pesawat udara lebih rentan terpapar serta memiliki kelas yang berbeda.


Pemprov Bali mengklaim syarat tersebut tidak mempengaruhi jumlah wisatawan ke Pulau Dewata. Simak di halaman selanjutnya...



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT