Niat Puasa Senin Kamis dan Bayar Hutang Ramadhan, Ini Bacaannya

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 23:08 WIB
NIat Puasa Asyura
Ilustrasi bacaan Niat Puasa Senin Kamis (Foto: Fuad Hasyim/detikcom)
Jakarta -

Bacaan niat puasa Senin Kamis diucapkan sebelum melaksanakan ibadah sunnah yang sering dilakukan Rasulullah SAW itu. Niat puasa Senin Kamis bisakah digabung dengan puasa bayar hutang Ramadhan?

Ustadz Abdul Somad mengatakan tidak perlu khawatir melakukan puasa Senin Kamis digabung bayar hutang Ramadhan. Muslim berpeluang mendapat pahala dari dua ibadah tersebut.

Bacaan niat puasa Senin Kamis digabung bayar hutang Ramadhan

Dalam siaran YouTubenya, Ustadz Abdul Somad menyarankan membaca niat bayar hutang puasa Ramadhan. Selanjutnya puasa Senin Kamis dan utang puasa dilakukan sekaligus.

"Niatnya qodho saja bukan sunah, karena kalau yang dibaca niat puasa sunah maka tidak dapat pahala pelunasan utang Ramadhan," ujar Ustadz Abdul Somad (UAS).

UAS menjelaskan dengan aturan ini tak hanya berlaku untuk puasa Senin Kamis. Namun juga untuk puasa sunah lainnya misal puasa Syawal dan Asyura.

Niat puasa bayar hutang Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu shauma ghadin 'an qadhā'I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta'âlâ

Artinya: "Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadan esok hari karena Allah Ta'ala."

UAS berharap para muslim yang ingin melakukan puasa Senin Kamis dan punya hutang Ramadhan tak lagi bingung. Kedua puasa bisa dilakukan sekaligus dengan peluang mendapat pahala dobel.

Selain pahala dobel, melakukan puasa Senin Kamis dan qodho Ramadhan memungkinkan hutang segera lunas. Menurut UAS peluang ini telah dijelaskan para ulama.

Melunasi hutang puasa Ramadhan dengan puasa sunah dijelaskan Imam Abu Zakaria al-Anshari dari kalangan mazhab Syafi'i. Penjelasan ini ditulis Syaikh Athiyah Saqr dalam kitab Fatwa Al-Azhar.

Menurut UAS, melakukan puasa sunah dan bayar hutang Ramadhan adalah contoh ibadah paling efektif. Tiap muslim bisa saling mengingatkan untuk tidak ragu melunasi utang Ramadhan dan puasa sunah sekaligus, termasuk puasa Senin Kamis.

(row/erd)