Rekap KPU Tuntas, Helldy-Sanuji Kalahkan Petahana di Pilwalkot Cilegon

M Iqbal - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 18:07 WIB
Rapat pleno rekapitulasi suara Pilwalkot Cilegon (M Iqbal/detikcom)
Foto: Rapat pleno rekapitulasi suara Pilwalkot Cilegon (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Cilegon nomor urut 4, Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta, diumumkan KPU memperoleh suara terbanyak dalam Pilwalkot Cilegon. Helldy-Sanuji mengalahkan pasangan petahana nomor urut 2, Ratu Ati Marliati-Sokhidin.

Duet Helldy-Sanuji yang diusung Partai Berkarya-PKS itu meraih 75.449 suara. Sementara, petahana berada di urutan kedua dengan perolehan 64.815 suara.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua stakeholders yang sudah membantu jalannya semua tahapan Pilkada Serentak," kata Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi, Rabu (16/12/2020).

Urutan ketiga diraih oleh paslon independen nomor urut 1, Ali Mujahidin-Firman Mutakin dengan raihan 47.483 suara. Sementara, posisi paling buncit diduduki paslon nomor urut 3, Iye Iman Rohiman-Awab yang memperoleh 31.496 suara.

Dalam rapat pleno tersebut, saksi petahana Ati-Sokhidin menolak menandatangani hasil rekapitulasi karena dinilai ada kecurangan dalam tahapan Pilkada Serentak 2020.

Penolakan itu dinilai Irfan tetap menghormati sikap yang ditunjukkan tim paslon nomor urut 2. Irfan mengatakan, setiap calon masih diberikan ruang untuk memenuhi hak-hak demokrasinya.

"Artinya kan memang kita tetep menghormati upaya-upaya hukum dari setiap pasangan calon dan tentunya menang masih ada ruang-ruang untuk itu, masih ada ruang yang memang disiapkan UU untuk memperjuangkan hak-ham demokrasinya masing-masing," kata dia.

(jbr/jbr)