Guru Pembuat Soal 'Anies Diejek Mega' Minta Maaf ke Megawati-Anies Baswedan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 17:42 WIB
Guru pembuat soal ujian Anies diejek Mega minta maaf
Guru pembuat soal ujian 'Anies diejek Mega' minta maaf. (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Guru pembuat soal ujian 'Anies diejek Mega', Sukirno, meminta maaf kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sukirno mengakui perbuatannya yang menarasikan tokoh politik dalam soal ujian akhir sekolah itu membuat suasana tidak nyaman.

Pernyataan Sukirno ini disampaikan saat ia mendatangi gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2020). Kedatangannya disambut oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

"Saya, Sukirno pada kesempatan ini menyampaikan rasa penyesalan yang mendalam atas perbuatan yang saya lakukan terutama dalam penyusunan naskah soal. Saya tidak bermaksud apa-apa dalam satu dan kekhilafan saya, penyesalan saya kepada ibu Megawati Soekarnoputri selaku Presiden RI ke-5, saya minta maaf yang sebesar-besarnya atas opini yang berkembang di masyarakat yang tidak menyenangkan," kata Sukirno yang ditemani Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta Nahdiana dan Plt Kepala SMPN 250 Cipete Utara, Jakarta Selatan, Setia Budi.

Permohonan maaf Sukirno disampaikan di hadapan wartawan. Ia berharap masyarakat dapat memaafkannya atas kegaduhan yang terjadi.

"Kepada masyarakat DKI dan Indonesia, saya juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya yang telah membuat suasana menjadi tidak nyaman dan kepada Gubernur DKI Jakarta juga Bapak Anies Rasyid Baswedan, saya minta maaf karena telah membuat kegaduhan di masyarakat DKI Jakarta. Akhirnya saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya semoga semua pihak dapat memaaafkannya terima kasih," tutur Sukirno.

Sebelumnya, Sukirno mengaku hanya spontanitas membuat soal ujian menggunakan nama 'Anies' dan 'Mega'. Sukirno menyebut tak memiliki niat apa-apa dalam pembuatan soal ujian itu.

Berikut ini isi soal tersebut:

"Anies selalu diejek Mega karena memakai sepatu yang sangat kusam. Walaupun demikian, Anies tidak pernah marah. Perilaku Anies merupakan contoh..." demikian bunyi pertanyaan pada soal itu yang dilihat detikcom, Sabtu (12/12).

Pada pilihan ganda terdapat empat pilihan jawaban. Pertama bertuliskan pemaaf; kedua istiqamah; ketiga sabar; dan keempat ikhlas.

Simak juga video 'Soal Ujian Tentang Khilafah Bikin Geger Kediri':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/aud)