Pernyataan Lengkap Jokowi di Hakordia 2020 Soroti Pencegahan Korupsi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 11:09 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bila kinerja pemberantasan korupsi bukan hanya diukur dari banyaknya kasus yang ditangani. Jokowi meminta aparat penegak hukum untuk dapat menciptakan pencegahan korupsi yang efektif.

"Kinerja penegakan bukan diukur dari seberapa banyak kasus yang ditemukan tetapi pada bagaimana mencegah secara berkelanjutan agar tindak pidana korupsi itu tidak sampai terjadi lagi," ujar Jokowi seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Siaran langsung Jokowi itu turut ditayangkan di KPK dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2020. Jokowi mengatakan bila arah pemberantasan korupsi saat ini harus ditujukan pada pencegahan dan perbaikan tata kelola.

"Profesionalitas aparat penegak hukum mempunyai posisi yang sangat sentral dalam penindakan dan juga pencegahan, namun orientasi dan mindset dalam pengawasan dan penegakan hukum harus diarahkan untuk perbaikan tata kelola dan pencegahan korupsi," kata Jokowi.

Di tengah penyampaian arahan itu listrik di KPK sempat padam. Jokowi pun sempat pula menyinggung hal itu.

"Saya berharap dengan langkah-langkah yang sistematis, yang sistemik dari hulu sampai hilir kita bisa lebih efektif memberantas korupsi, lebih efektif memberantas kemiskinan dan mengurangi pengangguran dan menjadikan Indonesia negara maju yang kita cita-citakan, meskipun listrik di KPK padam tapi pemberantasan korupsi tidak boleh padam," ucap Jokowi.

Simak video 'Kunci Memberantas Korupsi di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



Arahan lengkap Jokowi ada di halaman berikutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2