KPK Gelar Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, Listrik Sempat Padam

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 09:56 WIB
Penampakan Gedung Baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan
Gedung KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

KPK menggelar acara puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2020 secara fisik dan virtual. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara puncak Hakordia 2020 ini secara virtual.

Jokowi menghadiri peringatan Hakordia ini secara virtual dari Istana Kepresidenan, Rabu (16/12/2020). Dia didampingi oleh Menko Polhukam Mahfud Md dan Mensesneg Pratikno.

Sementara itu, pejabat lainnya ada yang hadir secara virtual ataupun secara langsung di gedung KPK. Para pejabat yang hadir secara langsung adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Para pimpinan KPK pun turut hadir langsung di lokasi.

Acara ini sempat terhambat karena listrik padam. Kejadian listrik padam terjadi saat acara telah dimulai dan Ketua KPK Firli Bahuri tengah menyampaikan sambutan.

Kondisi di Gedung KPK saat peringatan Hari Antikorupsi Sedunia dihentikan sementara karena listrik padam (Farih/detikcom)Kondisi di Gedung KPK saat peringatan Hari Antikorupsi Sedunia dihentikan sementara karena listrik padam (Farih/detikcom) Foto: Kondisi di Gedung KPK saat peringatan Hari Antikorupsi Sedunia dihentikan sementara karena listrik padam (Farih/detikcom)

Acara pun sempat dihentikan sementara. Ketika listrik kembali menyala, acara kembali dilanjutkan.

Acara kembali dilanjutkan dengan pidato Presiden Jokowi. Di pengujung pidatonya, Presiden Jokowi pun sempat menyinggung peristiwa padamnya listrik ini.

"Meskipun listrik di KPK padam, tapi pemberantasan korupsi tidak boleh padam," kata Jokowi.

Hakordia 2020 tahun ini mengusung tema 'Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi'. Peringatan Hakordia juga menjadi momentum untuk meningkatkan peran serta masyarakat umum dalam pemberantasan korupsi.

(fas/imk)