KPK Diskusi Bareng Perwakilan Parpol soal Pemberantasan Korupsi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 15:56 WIB
Plt jubir KPK, Ipi Maryati
Plt Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati (Zunita/detikcom)
Jakarta -

KPK menggelar diskusi dengan sejumlah perwakilan partai politik di Tanah Air. Diskusi tersebut merupakan rangkaian dari acara puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Harkodia) 2020 yang akan digelar pada 16 Desember 2020.

Plt Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati mengatakan beberapa kegiatan di antaranya diskusi panel dengan panelis terpilih yang mewakili berbagai elemen masyarakat. Diskusi itu juga dihadiri sejumlah tokoh perwakilan partai politik.

"Kegiatan diskusi panel ini dilakukan untuk mendapatkan masukan dari berbagai perspektif yang beragam, sehingga diharapkan masyarakat mendapatkan pandangan yang lebih spesifik dan realistis dari panelis yang merupakan para praktisi yang terlibat langsung di setiap bidangnya mengenai posisi pemberantasan korupsi di Indonesia saat ini," kata Ipi kepada wartawan, Jumat (11/12/2020).

"Sekaligus menjadi masukan bagi KPK untuk merumuskan strategi pemberantasan korupsi ke depan," imbuh Ipi.

Ipi menyebut perwakilan dari partai politik yang hadir dalam diskusi segmen politik adalah Sekjen NasDem sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Waketum Golkar Nurul Arifin, dan Waketum Demokrat Benny K Harman. Mereka hadir langsung di KPK, kecuali Hasto, yang mengikuti kegiatan secara virtual.

"Simpulan dari hasil diskusi ini juga akan ditayangkan sebagai bagian dari acara peringatan Hakordia di KPK," katanya.

Ada tujuh segmen diskusi panel yang digelar selama sepekan pada 7-11 Desember 2020. Di antaranya segmen birokrasi-pemerintah daerah, birokrasi-lembaga di tingkat pusat, dunia usaha, akademisi, masyarakat sipil-CSO, politik, dan milenial.

"Diskusi dipandu oleh jurnalis senior Sutta Dharmasaputra, yang akan berlangsung hingga pukul 17.30 WIB," pungkasnya.

(fas/isa)