Politikus Gerindra soal 'Anies Diejek Mega': Meski Dukung Anies, Saya Tak Suka

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 20:47 WIB
Komisi E DPRD DKI Jakarta Panggil Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk mengklarifikasi soal ujian Anies diejek Mega.
Rapat komisi E DPRD DKI (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Politikus Gerindra Iman Satria turut memberikan tanggapan terkait soal ujian SMP 'Anies Diejek Mega'. Iman, yang juga Ketua Komisi E DPRD DKI, mengutarakan keberatannya melihat adanya kasus ini.

"Ini kok malah nama pejabat dipakai semacam kayak olok-olokan. Saya walaupun mendukung Pak Anies juga nggak suka dengernya, apalagi dari pihak PDIP, nama Bu Mega dibawa," kata Iman di Ruang Rapat Komisi E DPRD DKI Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Tak berhenti di situ, Iman mencurigai soal ujian 'Anies Diejek Mega' ini ada modus tersendiri. Iman menyindir apakah hal ini terjadi karena dinas pendidikan sudah kehabisan nama awam yang biasa digunakan.

"Kalau saya lihat ini seperti kaya modus ini waktu Pak Jokowi ada namanya, Pak Ahok ada namanya, keluar betul kan, kenapa ini selalu lewat begitu Bu, Ibu ada gambaran apa sih ini sebenarnya, apa memang udah kehabisan nama si Badu si Amir dulu kan kita pakai nama-nama itu," katanya.

Menjawab hal itu, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana menyebut penulisan soal ujian ini memang sejatinya ditelaah oleh tim wakil kurikulum. Kemudian, lanjutnya, ada yang terlewat dalam pengecekan nama oleh tim telaah.

"Soal ini ditulis dalam kartu soal. Dalam kartu soal ini, setelah selesai, ini harus dilakukan proses telaah. Oleh siapa? Oleh tim di bawah kendali wakil kurikulum. Ini tim atau panitia yang dibentuk pada kegiatan evaluasi, lalu dilakukan telaah soal maka naskah soal ini," katanya.

"Setelah dilakukan telaah, mendapatkan proses persetujuan, inilah yang dilakukan untuk diujikan, dan di sinilah saya menyampaikan. Setelah kami membentuk, tim turun untuk memperdalam keluarnya soal yang pro-kontra tadi, maka kami melihat ada yang terlewat dalam sebuah telaahan. Jadi soal dibuat oleh guru tim ketika menelaah ini pun lewat, ini yang kami mengatakan," imbuhnya.

Simak juga video 'Soal Ujian Tentang Khilafah Bikin Geger Kediri':

[Gambas:Video 20detik]



Guru pembuat soal ujian 'Anies diejek Mega' angkat bicara. Simak di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2