Deretan Keluarga Pejabat-Eks Pejabat Tumbang Versi Sirekap Pilkada Se-Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 18:09 WIB
Petugas KPPS meneteskan tinta ke jari warga yang sudah menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Depok di TPS 33 Cipayung, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/12/2020). Pilkada serentak tahun 2020 dilaksanakan di 270 wilayah di Indonesia meliputi sembilan provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj.
Foto Ilustrasi Pilkada 2020 (Wahyu Putro A/Antara Foto)
Jambi -

Sederet keluarga pejabat dan mantan pejabat maju dalam beberapa Pilkada di Jambi. Hasil penghitungan formulir model C Hasil-KWK yang dikirim KPPS lewat Sistem Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) menunjukkan ada anak hingga istri pejabat yang tumbang di Pilkada.

Hasil penghitungan itu dapat dilihat di pilkada2020.kpu.go.id. KPU menyatakan hasil yang tertera dalam situs tersebut hanya data hasil foto formulir Model C Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

"Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan," demikian tulis KPU dalam situs tersebut seperti dilihat detikcom, Selasa (15/12/2020).

Jika ada perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web tingkat kecamatan. Selain itu, KPU menegaskan hasil yang ditampilkan pada situs tersebut bukan hasil resmi.

"Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka," tulis KPU.

Bagaimana hasil yang diraih para keluarga pejabat tersebut? Simak di halaman berikutnya.