Penahanan Wabup OKU Tersangka Korupsi Tanah Kuburan Dipindah ke Palembang

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 12:28 WIB
Wabup OKU, Johan Anuar, saat dibawa ke Palembang (Raja Adil-detikcom)
Wabup OKU Johan Anuar saat dibawa ke Palembang. (Raja Adil/detikcom)
Palembang -

Jaksa penuntut umum pada KPK telah melimpahkan berkas perkara Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Johan Anuar, ke Pengadilan Tipikor Palembang. Penahanan Johan juga telah dipindah ke Palembang.

Pantauan detikcom, Johan Anuar tiba sekitar pukul 11.05 WIB di Lapas Pakjo, Selasa (15/12/2020). Johan terlihat menggunakan rompi tahanan KPK.

Johan Anuar turun dari mobil, didampingi dua petugas dan langsung masuk ke Lapas Pakjo. Tidak ada keterangan yang diberikan Johan.

"Ya, dengan telah dilimpahkan di PN kami akan siapkan lawyer untuk mendampingi pak JA di persidangan," ujar kuasa hukum Johan, Titis Rachmawati.

Titis mengatakan pihaknya segera mempelajari surat dakwaan dan berkas perkara Johan. "Kami juga akan mempelajari surat dakwaan dan berkas-berkas perkara yang diserahkan oleh JPU KPK kepada tim lawyer. Sekarang sudah tahanan hakim," kata Titis.

Johan Anuar sendiri kembali maju sebagai calon Wakil Bupati mendampingi Kuryana Aziz, yang merupakan Bupati OKU petahana. Bakal paslon ini melaju ke Pilkada 2020 tanpa lawan alias calon tunggal.

Pada pemungutan suara 9 Desember 2020, paslon dengan jargon 'BEKERJA' ini menang telak melawan kolom kosong. Berdasarkan data Sirekap KPU, paslon ini meraih 64,8% suara.

(ras/haf)