Parpol Pengusung Hormati Cawabup OKU Menang Lawan Kotak Kosong Ditahan KPK

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 10:02 WIB
Johan Anuar saat ditahan KPK
Johan Anuar saat ditahan KPK. (dok. Humas KPK)
Palembang -

Calon Wakil Bupati (Cawabup) Ogan Komering Ulu (OKU), Johan Anuar, resmi ditahan KPK. Partai Golkar sebagai pengusung mengaku akan menghormati proses hukum.

"Kalau sekarang proses hukum tentu kami hormati. Kami tunggu sampai ini putusan inkrah," tegas Ketua DPD Golkar Sumatera Selatan (Sumsel), Dodi Reza Alex, kepada detikcom, Jumat (11/12/2020).

Dodi menilai keputusan baru akan diambil usai kasus hukum Johan punya status berkekuatan hukum tetap. Termasuk soal pengganti Johan yang kini masih unggul di hitungan sementara KPU.

Diketahui, Johan, yang berpasangan dengan calon bupati (cabup) Kuryana Aziz, menang melawan kotak suara berdasarkan hasil hitung sementara.

"Kalau perhitungan suara unggul. Sehingga untuk pergantian wakil bupati nantinya kita tunggu, ikuti saja dulu proses hukum," kata Dodi.

Paslon Kuryana-Johan, yang punya jargon 'Bekerja', unggul 65,9 persen. Mereka memperoleh 86.707 suara dari suara masuk 71,31 persen pukul 09.00 WIB.

Keunggulan ini berdasarkan data dari foto formulir C Hasil-KWK yang dikirim KPPS lewat sistem rekapitulasi elektronik (Sirekap). Jumlah ini tercatat dari 517 TPS dari total 725 TPS yang ada.

Selanjutnya
Halaman
1 2