Round-Up

Rencana Reklamasi Ancol Segera Masuki Babak Baru

Tim detikcom - detikNews
Senin, 14 Des 2020 07:46 WIB
Pantai di kawasan Ancol kembali ramai dikunjungi warga. Tak hanya sekadar berolahraga, ada pula warga yang datang untuk melihat matahari terbenam di pantai.
Ilustrasi kawasan Ancol (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Ada kabar anyar dari rencana reklamasi Ancol yang mulai bergulir sejak setengah tahun lalu. Rencana reklamasi kontroversial dari Gubernur Jakarta Anies Baswedan itu bakal memasuki babak baru: pembahasan revisi peraturan daerah (perda) yang bisa melancarkan jalan pembangunan di utara Jakarta itu.

Anggota Komisi B dari Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah, mengabarkan pihaknya telah menerima undangan rapat pembahasan revisi Perda Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi.

"DPRD baru saja menerima usulan revisi Perda RDTR dan ZOnasi yang di dalamnya terdapat peta perluasan wilayah Ancol," kata Farazandi dalam keterangan pers tertulisnya, Minggu (13/12).

Rapat dengan tujuan merevisi Perda RDTR dan Peraturan Zonasi itu akan digelar di Grand Cempaka Resor and Convention, Cipayung, Bogor, Jawa Barat, pada 15 dan 16 Desember 2020, pukkul 10.00 WIB. Acara akan diisi dengan paparan eksekutif (pemprov DKI) terhadap Raperda tentang Perubahan atas Perda tersebut, dan menerima saran-masukan. Undangan itu ditandatangani Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi.

Reklamasi dan usulan revisi Perda RDTR dan Zonasi. (Dok Fraksi PAN DPRD DKI)Reklamasi dan usulan revisi Perda RDTR dan Zonasi. (Dok Fraksi PAN DPRD DKI)
Reklamasi dan usulan revisi Perda RDTR dan Zonasi. (Dok Fraksi PAN DPRD DKI)Reklamasi dan usulan revisi Perda RDTR dan Zonasi. (Dok Fraksi PAN DPRD DKI)

PAN sendiri menanggapi rencana reklamasi Ancol itu dengan sebuah peringatan akan janji Anies yang dulu menolak reklamasi. Saat berkampanye untuk Pilgub DKI 2017 dulu, Anies memang dikenal sebagai cagub DKi yang bertekad menghentikan reklamasi Teluk Jakarta demi kepentingan lingkungan, nelayan, masyarakat pesisir, dan warga Jakarta.

"Jangan sampai lupa dengan janji yang pernah terucap. Kami juga mengajak warga Jakarta untuk ikut mengawasi revisi Perda ini yang kami nilai terkesan buru-buru di akhir tahun," kata Farazandi.

Selanjutnya, catatan tentang rencana reklamasi Ancol lewat Kepgub Anies: