PKS DKI Resmi Ganti Dua Anggota DPRD DKI yang Meninggal Dunia

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 18:53 WIB
Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Mohammad Arifin
Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

Fraksi PKS resmi mengisi kekosongan dua kursi DPRD DKI Jakarta. Hal ini dilakukan karena dua anggota DPRD DKI, Dany Anwar dan Umi Kulsum, meninggal dunia beberapa waktu yang lalu.

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin menyebutkan Dany Anwar akan digantikan oleh Israyani, sedangkan Umi Kulsum akan digantikan oleh Karyatin Subiantoro. Pelantikan pengganti antarwaktu (PAW) untuk keduanya direncanakan pada Selasa mendatang.

"Insyaallah, dijadwalkan Selasa, 15 Desember 2020, Bu Israyani pengganti almarhum Dany Anwar dan Pak Karyatin Subiantoro pengganti almarhumah Umi Kulsum, yang keduanya berada di Komisi A," kata Arifin dalam keterangan pers tertulisnya, Jumat (11/12/2020).

Arifin menerangkan pengangkatan PAW ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Dia menyebut dua anggota yang akan menduduki kursi kosong DPRD DKI itu telah melewati tahapan administrasi yang cukup panjang.

"Proses ini juga setelah melalui tahapan administrasi yang panjang dan berakhir di Kementerian Dalam Negeri RI," tuturnya.

Arifin menjabarkan pengangkatan ini berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 161.31-3984 tentang Peresmian dan Pengangkatan Pergantian Antarwaktu Anggota DPRD dan Surat Nomor 161-4008 tentang Peresmian Pengangkatan Pengganti Antarwaktu Anggota DPRD.

Arifin berharap dengan kembalinya formasi lengkap PKS DKI ini dapat menambah pelayanan kerja yang lebih maksimal. Selain itu, ia berharap dua anggota PAW ini dapat terus berjuang dalam mengawal suara rakyat di DKI Jakarta.

"Mudah-mudahan dengan kembali lengkapnya formasi Fraksi PKS, akan menambah maksimal lagi kerja-kerja pelayanan dan advokasi dalam perjuangan mengawal suara rakyat dan kebijakan Pemprov DKI yang berpihak kepada kepentingan rakyat dan masyarakat Jakarta," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menyebut Dany Anwar meninggal dunia karena terpapar COVID-19. Prasetio mengatakan ada dua orang anggota DPRD DKI yang saat ini positif COVID-19.

"Bukan isu, tapi dinyatakan meninggal karena COVID. Dia juga ada penyakit yang membawai di badannya, ada gulanya, mungkin ada jantung. Nah, saya juga turut berduka terhadap sahabat dan teman saya (Dany Anwar), salah satu fraksi di PKS," ujar Prasetio di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (3/8).

Tak lama berselang, kabar duka datang dari DPRD DKI Fraksi PKS, satu anggota dari mereka kembali meninggal dunia, yaitu Umi Kulsum. PKS menyatakan Umi Kulsum meninggal bukan karena virus Corona.

Umi Kulsum meninggal dunia pada Sabtu (29/8) sekitar pukul 21.00 WIB di RS Persahabatan, Jakarta Timur. Sebelum meninggal, Umi Kulsum sempat koma beberapa hari.

Umi Kulsum meninggal karena menderita komplikasi sejumlah penyakit. "Sebelum wafat, dua kali di-swab hasilnya negatif. Semoga beliau husnul khatimah," kata Arifin.

Simak video 'Tunjangan Anggota DPRD DKI Naik Fantastis, Ini Kata Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/aud)