Brigjen Prasetijo Bantah Bantu Djoko Tjandra Kabur: Saat Itu Tak Ada di DPO

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 19:58 WIB
Djoko Tjandra kembali menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Irjen Pol Napoleon Bonaparte dan Brigjen Pol Prasetijo Utomo hadir sebagai saksi.
Brigjen Prasetijo Utomo (Ari Saputra/detikcom)

Prasetijo menegaskan, selama menjadi anggota Polri, dirinya tidak akan pilih-pilih dalam menjalankan tugas. Menurutnya, jika saja Djoko Tjandra saat itu masuk dalam DPO, dia akan langsung menangkapnya.

"Tidak pernah saya pilih-pilih dalam melaksanakan amanah saya sebagai polisi. Percayalah, Yang Mulia, atas jawaban dan amanah saya sebagai seorang anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Apabila saat itu Joko Soegiarto Tjandra merupakan seorang buronan hukum, tidak akan pandang bulu saya untuk menangkapnya dengan tangan saya sendiri," ujarnya.

Selain itu, ia membantah telah menyuruh anak buahnya membuat surat jalan palsu Djoko Tjandra. Ia mengatakan selama persidangan juga tidak terbukti jika surat jalan palsu ada di penguasaannya.

"Pada fakta persidangan pun, fisik surat jalan tersebut tidak pernah berada pada penguasaan saya dan tidak pernah saya gunakan, perlihatkan, atau serahkan kepada petugas pemerintah mana pun bertujuan apa pun yang bersifat melawan hukum. Lantas kerugian apa yang timbul dari surat jalan itu, Yang Mulia Majelis Hakim?" tuturnya.

Di akhir pleidoi, ia berharap majelis hakim memutus perkara tersebut berdasarkan fakta-fakta yang terungkap di persidangan. Jika memang terbukti bersalah, Prasetijo mengaku ikhlas menjalani hukuman.

"Dan apabila Majelis Hakim yang Terhormat, setelah mempertimbangkan dengan adil dan saksama, menilai bahwa pelaksanaan kewajiban saya sebagai anggota kepolisian merupakan suatu perbuatan yang melanggar hukum yang selalu saya junjung tinggi selama 29 tahun saya mengabdi, maka saya dengan ikhlas bersedia akan menerima keputusan itu demi pelaksanaan penegakan hukum," tuturnya.

Selanjutnya, soal tuntutan hukum terhadap Prasetijo:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3