ABG Tendang Kickboxing Polisi Tak Ditahan, Ada Orang Dewasa yang Diperiksa

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 17:00 WIB
Seorang remaja di Kupang menendang polisi ala kickboxing. Dia akhirnya diamankan bersama sejumlah orang terkait demo yang mengganggu ketertiban umum (Screenshot video viral)
Seorang remaja di Kupang menendang polisi ala kickboxing. Dia akhirnya diamankan bersama sejumlah orang terkait demo yang mengganggu ketertiban umum. (Screenshot video viral)
Kupang -

Seorang anak baru gede (ABG) laki-laki di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), diamankan petugas karena menendang polisi. ABG tersebut menendang polisi dengan gaya kickboxing hingga videonya viral di media sosial (medsos).

ABG tersebut lalu dipulangkan karena masih berusia anak-anak dan masih 'duduk di bangku sekolah'. Sementara itu, polisi masih memeriksa sejumlah orang dewasa.

"Ya, kita diamankan, kita periksa. Berhubung (dia) masih sekolah, kita berikan pembinaan. Kita kembalikan ke orang tua mereka. Sementara yang dewasa diperiksa lebih intensif," kata Kapolres Kupang AKBP Aldinan RJH Manurung saat dihubungi, Jumat (11/12/2020).

Peristiwa ABG menendang polisi terjadi saat sejumlah orang menggelar aksi demonstrasi terkait status tanah di Babau, Kupang Timur, Kupang, NTT, Kamis (11/12) kemarin. Aksi tersebut awalnya tak mendapatkan izin.

Namun polisi mengambil diskresi sebagai bentuk respek. Sejumlah orang diperbolehkan menggelar aksi demo dengan syarat tertib dan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Namun ternyata massa justru mengganggu ketertiban umum dengan memblokade jalan. Polisi pun berusaha 'mendorong' massa ke lokasi aksi yang sudah ditentukan.

"Awalnya ada rencana penyampaian pendapat, tidak kita berikan izin. Satgas COVID-19 juga tak memberi rekomendasi. Tapi kita menghargai mereka, kita beri kebijaksanaan dengan batas waktu tertentu. Ternyata mereka menyalahartikan aksi tersebut dengan mengganggu ketertiban umum. Kita dorong ke belakang untuk kembali ke titik demo awal," kata AKBP Aldinan.

Akibat kericuhan, sejumlah orang diamankan, termasuk ABG yang menendang polisi tersebut. Saat ini orang dewasa yang diperiksa masih berstatus sebagai saksi.

Selanjutnya
Halaman
1 2