Pemenang Pilwalkot Makassar Ditetapkan Akhir Desember Jika Tak Ada Gugatan

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 15:54 WIB
Ilustrasi gedung KPU
Ilustrasi KPU (Andhika Prasetia/detikcom)
Makassar -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan menetapkan pemenang Pilwalkot Makassar pada akhir Desember ini jika tak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hasil penghitungan suara secara resmi akan dibacakan pada 17 Desember mendatang.

"Kalau (pasangan calon) legowo, lebih cepat penetapan, sebelum akhir Desember sudah bisa penetapan, dan kalau tidak ada yang ajukan gugatan perselisihan (ke Mahkamah Konstitusi)," ujar komisioner KPU Kota Makassar Gunawan Mashar kepada wartawan, Jumat (11/12/2020).

Gunawan mengatakan saat ini KPU tengah melakukan rekapitulasi suara secara serentak di 15 kecamatan di Makassar. Setelah itu, KPU akan melakukan rekapitulasi di tingkat kota.

"Pada tanggal 17 Desember akan dibacakan hasilnya. Penetapan nanti dilakukan setelah tidak ada pengajuan gugatan perselisihan," katanya.

Mewakili KPU Makassar, Gunawan mengapresiasi jalannya Pilwalkot Makassar yang berlangsung aman dan damai. Padahal, sebelum hari pencoblosan, Makassar sempat dikategorikan sebagai daerah rawan pilkada.

"Alhamdulillah ya 9 Desember sudah kita lalui tanpa ada riak-riak yang berarti. Ini tidak lepas dari upaya dan usaha banyak pihak, bukan hanya KPU dan Bawaslu, tapi juga pihak lain. Juga paling dasar adalah paslon," imbuhnya.

Lebih khusus Gunawan mengapresiasi empat paslon yang bertarung di Pilwalkot Makassar. Dia berharap suasana damai pasca-Pilwalkot Makassar tetap terjaga hingga penetapan nanti.

"Alhamdulillah paslon setelah 9 Desember saya kira legowo. Itu tentunya punya peran ciptakan atmosfer yang damai di Makassar. Semoga ini bisa berjalan terus sampai penetapan nantinya," tuturnya.

Paslon yang kalah di Pilwalkot Makassar telah memberi selamat kepada Paslon Ramdhan 'Danny' Pomanto-Fatmawati Rusdi yang menang versi hitung cepat dan mengisyaratkan tidak melakukan gugatan ke MK, simak selengkapnya di halaman selanjutnya>>>