Gubernur Sulsel Beri Selamat ke Pemenang Pilkada, Minta Tak Kumpulkan Massa

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 21:11 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (Dok. Istimewa)
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (Foto: dok. Istimewa)
Makassar -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah mengucapkan selamat kepada para pasangan calon (paslon) kepala daerah di 12 daerah pilkada yang menang versi quick count. Nurdin meminta para paslon tetap tenang dan tidak mengumpulkan massa.

"Kontestasi pilkada, pesta demokrasi kita telah usai dan berjalan aman serta damai. Saya atas nama pribadi, pemerintah, dan segenap masyarakat Sulawesi Selatan mengucapkan selamat bagi para pasangan calon bupati/wali kota terpilih versi hitung cepat di 12 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan," ujar Nurdin dalam keterangannya, Kamis (10/12/2020).

Nurdin lalu meminta para pasangan calon yang telah menang menurut quick count untuk tetap tenang hingga ada penetapan resmi dari KPU di masing-masing daerah. Dia juga meminta para paslon yang berkontestasi untuk bersatu kembali.

"Untuk itu, tetaplah menjaga ketenteraman dan kedamaian," katanya.

Secara khusus Nurdin lalu meminta paslon pemenang pilkada ikut meningkatkan kewaspadaan demi menekan penyebaran COVID-19. Dia lalu meminta agar tidak ada pengumpulan massa dari paslon pemenang.

"Kita dalam masa pandemi dan tren peningkatan kasus COVID-19 terus meningkat. Mari kita bersama-sama meningkatkan protokol kesehatan secara ketat, hindari pengumpulan massa untuk menghindari penularan yang lebih luas lagi," tegasnya.

"Terakhir saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh aparatur pemerintah, TNI-Polri, KPU, Bawaslu, dan segenap paslon yang betul-betul telah menunjukkan kedewasaan berdemokrasi," lanjutnya.

Untuk diketahui, ada 12 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan yang ikut melakukan pemilihan bupati/wali kota di Pilkada 2020. 12 Daerah tersebut ialah Kota Makassar, Kabupaten Maros, Gowa, Bulukumba, Kepulauan Selayar, Barru, Pangkep, Soppeng, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu Timur, Luwu Utara.

Di Kota Makassar, yang menjadi ibu kota Sulawesi Selatan, paslon nomor urut 1 Ramdhan 'Danny' Pomanto-Fatmawati Rusdi keluar sebagai pemenang versi quick count. Setelah penetapan KPU nanti, Makassar akan kembali dipimpin wali kota definitif setelah sekitar 1 tahun 7 bulan lamanya dipimpin penjabat wali kota yang diusulkan Gubernur Sulsel ke Kemendagri.

(nvl/idn)