Arteria Dahlan soal Habib Rizieq Akan Ditangkap: Biarkan Polisi Bekerja

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 15:46 WIB
Arteria Dahlan
Arteria Dahlan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya berencana akan menangkap Habib Rizieq Shihab setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus kerumunan acara di Petamburan, Jakarta Pusat. Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan meminta semua pihak menahan diri terkait rencana polisi tersebut.

"Saya melihat langkah kepolisian menetapkan tersangka dan melakukan upaya paksa penangkapan adalah hal wajar, dapat dibenarkan, dan tentunya disertai informasi pendahuluan dan alat bukti yang cukup," kata Arteria kepada wartawan, Jumat (11/12/2020).

"Saya meminta publik memberikan kesempatan kepada kepolisian, dalam hal ini Polda Metro Jaya, untuk bekerja," tambahnya.

Menurut Arteria, penetapan tersangka dan rencana penangkapan Habib Rizieq sudah disusun secara hukum. Berdasarkan sistem hukum yang tepat dan tak dilebihkan.

"Saya yakin kok giat penegakan hukum mereka profesional, proporsional, dan humanis. Penetapan tersangka dan perintah penangkapan ini kan bukan tiba-tiba, akan tetapi melalui proses criminal justice system yang proper," ucapnya.

Politikus PDI Perjuangan ini kemudian menyinggung soal insiden penembakan di Tol Jakarta-Cikampek Km 50. Menurut Arteria, bila Rizieq Shihab kooperatif, tak akan terjadi insiden penembakan itu.

"Bahkan kalau MRS kooperatif, saya yakin tidak akan ada kejadian Km 50, yang menyebabkan hilangnya enam nyawa pengawal beliau," sebutnya.

Namun nasi sudah menjadi bubur, Habib Rizieq ditetapkan sebagai tersangka dan akan ditangkap polisi. Arteria meminta semua pihak menahan diri dan menghormati proses yang berjalan di kepolisian.

Selanjutnya
Halaman
1 2