Wajah Baru Kampung Cikeas Dapat Apresiasi

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 23:22 WIB
Pemkot Bogor
Foto: dok. Pemkot Bogor
Jakarta -

Wali Kota Bogor Bima Arya didampingi Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian, mengajak Tim Verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat untuk 'berwisata' di Kampung Cikeas, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Kegiatan wisata bermula dari landmark Kampung Cikeas dan Taman Cikeas.

Taman ini dilengkapi sarana bagi anak-anak untuk bermain serta Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) untuk menyalurkan hobi dan minat baca. Lalu, di sekitar area taman terdapat tempat yang disediakan untuk warga memasarkan hasil produksi dan kreativitasnya serta lokasi peternakan yang menjadi salah satu potensi Kampung Cikeas.

Perubahan dari Kampung Cikeas, seperti infrastruktur, sarana dan prasarana penunjang serta kultur diharapkan mampu mengubah wajah Kampung Cikeas jadi destinasi pariwisata.

"Kepada seluruh elemen di Kelurahan Katulampa, ke depan Kampung Cikeas setelah P2WKSS tidak berhenti begitu saja, seperti program-program atau lomba sebelumnya. Harus berkesinambungan, ada program lanjutan, sehingga apa yang sudah di bangun pada tahun ini bisa memberi manfaat bagi warga dan meningkatkan perekonomian setempat," ujar Bima Arya dalam keterangan tertulis, Kamis (10/12/2020).

Sementara itu, Yane Ardian menilai program P2WKSS adalah program yang sangat bagus. Sebagai program benah kampung, P2WKSS sukses mengubah perilaku masyarakat untuk hidup bersih, sehat dan mandiri.

"Perbaikan infrastruktur menjadi faktor penunjang, sehingga masyarakat lebih semangat membangun kultur yang baik di kampungnya," kata Yane yang didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Bogor Yantie Rachim dan pengurus.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Bogor Iceu Pujiati menilai kegiatan P2WKSS tahun ini berbeda daripada program sebelumnya.

Tidak hanya infrastruktur, sentuhan P2WKSS di Kampung Cikeas banyak memberikan perubahan pada kultur serta para aktor yang berperan di Kelurahan Katulampa.

Ketua Tim Verifikasi Provinsi Jawa Barat Ari Antari Ratna Dewi memberikan apresiasi tinggi atas perubahan dan perbaikan dari Kampung Cikeas dan berharap hal ini dapat membawa Kampung Cikeas meraih penghargaan.

"Kelurahan Katulampa, khususnya Kampung Cikeas sangat keren. Data dan laporan yang dilaporkan sudah lengkap semua. Semoga perubahan yang ada menghasilkan penghargaan," katanya.

Lurah Katulampa Dicky Iman Nugraha mengatakan Pemkot Bogor akan terus mengintervensi Kampung Cikeas dengan program wisata edukasi melalui pembangunan nursery, budi daya ikan serta area yang bisa dimanfaatkan sebagai ladang usaha.

"Selain itu tahun depan akan dibangun balai warga dan sentra budidaya ikan, sehingga warga dapat terus memperoleh manfaat dari pembangunan," pungkasnya.

(prf/ega)