PKB Nilai Hubungan Gibran-Bobby dengan Jokowi Mudahkan Alur Koordinasi

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 18:57 WIB
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang membuka acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dan Halaqoh Nasional Pertanian di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur, Selasa (14/3/2017).
Yaqut Cholil Qoumas (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution menang di Pilkada 2020 berdasarkan hasil quick count sejumlah lembaga survei. Seandainya Gibran-Bobby benar-benar terpilih, Ketua DPP PKB Yaqut Cholil Qoumas meyakini mereka tidak akan canggung saat berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ya nggak (canggung)-lah. Pemerintahan itu kan ada alur yang jelas, tata cara yang diatur, juga peraturan-peraturan yang dijadikan pegangan. Selama ini yang menjadi guidance dalam mengelola pemerintahan, kecanggungan itu tidak ada," ujar Yaqut kepada wartawan, Kamis (10/12/2020).

Yaqut menilai justru ada imbas positif dari hubungan Gibran-Bobby dan Jokowi. Dia menyebut ketiganya jadi lebih mudah berkoordinasi.

"Malah, karena hubungan keluarga ini, dalam pandangan saya, memudahkan dalam alur koordinasi," sebut Yaqut.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu mengaku tidak menaruh curiga terkait adanya hubungan keluarga antara Gibran-Bobby dan Jokowi. Menurut Yaqut, semua tergantung niat.

"Menurut saya, soal interest, tidak harus ada hubungan anak-bapak-mantu. Jika memang berniat menggunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi, dan sebaliknya, jika kekuasaan diniatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, hubungan anak-bapak-mantu tidak akan membelokkan itu," paparnya.

Seperti diketahui, Gibran dan Bobby memenangi pilkada versi hitung cepat (quick count) di wilayah masing-masing. Salah satu hasil quick count dari Charta Politika pada Rabu (9/12) pukul 16.36 WIB menampilkan suara masuk sebanyak 99,5 persen. Gibran unggul jauh atas lawannya.

Berikut hasilnya:

Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa: 87,15%
Bagyo Wahyono-FX Supardjo: 12,85%

Hasil quick count ini bukan hasil resmi Pilkada 2020. Hasil resmi pilkada bakal ditetapkan KPU berdasarkan rekapitulasi surat suara.

Selain itu, hasil sementara penghitungan suara lewat Sirekap KPU juga menunjukkan Bobby, yang merupakan menantu Jokowi, unggul.

Berikut hasil quick count sejumlah lembaga survei terkait Pilkada Medan:
Charta Politika
1. Akhyar Nasution-Salman Alfarisi: 44,98%
2. Bobby Nasution-Aulia Rachman: 55,02%

(isa/zak)