NasDem Yakin Gibran-Bobby Tak Canggung Koordinasi ke Jokowi: Mereka Profesional

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 13:36 WIB
saan mustopa
Wakil Ketua Komisi II Fraksi NasDem Saan Mustopa (Hakim Ghani/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi II Fraksi NasDem Saan Mustopa mengatakan, jika Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution resmi diumumkan memenangi Pilkada Solo dan Medan, dia yakin keduanya akan profesional berkoordinasi dengan Presiden Jokowi. Sebagaimana diketahui, Gibran merupakan anak sulung Presiden Jokowi, sementara Bobby Nasution adalah menantu Presiden Jokowi.

"Nggaklah, kan menempatkan sesuai dengan posisi dan tugas masing-masing ya. Jadi menurut saya, profesionalisme politik dan birokrasi pasti akan mereka kedepankan," kata Saan saat dihubungi, Kamis (10/12/2020).

Saan yakin Gibran dan Bobby dapat memposisikan diri sebagai penyelenggara negara saat berkoordinasi dengan Presiden Jokowi, bukan sebagai ayah dengan anak, atau ayah dengan menantu. Saan percaya tak akan ada kecanggungan dan ketiganya dapat bersikap profesional.

"Walaupun misal Gibran putranya (Jokowi), ketika berkoordinasi dengan Pak Jokowi sebagai presiden itu ditempatkan masing-masing sebagai penyelenggara pemerintahan. Jadi saya yakin tidak ada kecanggunganlah, dan mereka akan menempatkan kewenangan sesuai tugasnya masing-masing secara profesional," ucapnya.

Tak hanya itu, Sekretaris Fraksi NasDem DPR RI ini juga percaya, baik Presiden Jokowi, Gibran, maupun Bobby tak akan mencampurkan urusan keluarga dengan pekerjaan. Terlebih, kata dia, saat ini sudah era transparan.

"Iya, nggak akan ada kepentingan. Apalagi sekarang eranya sudah transparan dan sebagainya. Pasti semua hal yang berkaitan dengan pemerintahan dan pelaksanaan pemerintahan pasti akan dilakukan secara akuntabel dan transparan. Jadi tidak ada soal kepentingan kepentingan apa sempit di dalamnya, itu yang dikedepankan," tutur dia.

Seperti diketahui, Gibran dan Bobby memenangi pilkada versi hitung cepat (quick count) di wilayah masing-masing. Salah satu hasil quick count dari Charta Politika pada Rabu (9/12) pukul 16.36 WIB menampilkan suara masuk sebanyak 99,5 persen. Gibran unggul jauh atas lawannya. Berikut hasilnya:

Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa: 87,15%
Bagyo Wahyono-FX Supardjo: 12,85%

Hasil quick count ini bukan hasil resmi Pilkada Solo. Hasil resmi pilkada bakal ditetapkan KPU Solo berdasarkan rekapitulasi surat suara.

Selain itu, hasil sementara penghitungan suara lewat Sirekap KPU juga menunjukkan Bobby, yang merupakan menantu Jokowi, unggul.

Berikut hasil quick count sejumlah lembaga survei terkait Pilkada Medan:

Charta Politika

1. Akhyar Nasution-Salman Alfarisi: 44,98%
2. Bobby Nasution-Aulia Rachman: 55,02%

(maa/aud)