Round-Up

Duka Cabup Barru Tutup Usia di Hari Pencoblosan Pilkada

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 07:25 WIB
Cabup Barru, Malkan Amin (Foto: dok Istimewa)
Foto: Cabup Barru, Malkan Amin (Foto: dok Istimewa)
Makassar -

Kabar duka tersiar di tengah pesta demokrasi 270 daerah. Calon Bupati (Cabup) Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), Malkan Amin, meninggal dunia di hari pencoblosan Pilkada 2020. Malkan Amin meninggal disebabkan virus Corona (COVID-19).

Kabar meninggalnya Malkan Amin dikonfirmasi anaknya, Fandi. Malkan Amin disebut meninggal saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Wahidin Sudirohuso, Makassar.

"Iya betul meninggal," kata anak Malkan Amin, Fandi, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (9/12/2020).

"Dirawat di Wahidin. Itu saja dulu karena masih ada, saya masih urus sesuatu," kata dia.

Malkan Amin adalah berpasangan dengan Andi Salahuddin Roem di Pilbup Barru 2020. Malkan sempat menjabat Wasekjen DPP Golkar periode 1999-2004 dan 2004-2009.

Direktur RS Wahidin Makassar, Khalid Saleh, mengatakan Cabup Barru itu meninggal menjelang siang hari.

"Iya betul, saya belum tahu secara detail riwayat penyakitnya lagi. Informasi meninggal 11.30 Wita," kata dia, saat dihubungi terpisah.

DPD I Partai Golkar Sulsel, Taufan Pawe, mengkonfirmasi bahwa Malkan Amin meninggal karena terpapar COVID-19. Malkan Amin sempat dirawat di RS Bhayangkara sebelum dibawa ke RS Wahidin.

"Ya COVID. Kemarin masuk rumah sakit dan yang pertama tangani RS Bhayangkara dan setelah dianggap serius dibawa ke RS Wahidin dan ternyata COVID," kata Ketua DPD I Golkar Sulsel Taufan Pawe saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (9/12/2020).

Taufan menceritakan Malkan Amin selama seminggu terakhir aktif berkampanye di wilayah Barru. Setelah kampanye di Pilbup Barru, Malkan Amin sakit serius dan kondisi memburuk.

Selanjutnya
Halaman
1 2