PBNU Yakin Habib Luthfi Maafkan Ustadz Maaher: Proses Hukum Tergantung Polisi

Eva Safitri - detikNews
Senin, 07 Des 2020 05:00 WIB
Masduki Baidlowi
Masduki Baidlowi (Foto: Lisye/detikcom)
Jakarta -

Ustadz Maaher At Thuwailibi alias Soni Eranata menyesali perbuatannya dan mengaku ingin meminta maaf kepada Habib Luthfi bin Yahya. PBNU menilai Habib Lutfhi pasti akan memaafkan.

"Saya kira baik-baik saja kalau Ustadz Maaher menyesali perbuatannya, kemudian meminta maaf bahkan di berita sampai nangis-nangis itu pertanda baik lah, mudah-mudahan penyesalan yang benar-benar keluar dari kesadaran dan kalau itu dimintakan maaf kepada Habib Luthfi, hampir bisa dipastikan Habib Luthfi memaafkan. Karena Habib kan orang baik, welas sih, ulama itu kan mengayomi umat, nampak dari berbagai tindakan Habib Luthfi," kata Wasekjen PBNU Masduki Baidlowi, kepada wartawan, Minggu (6/12/2020).

Terkait proses hukum, Masduki menyerahkan kepada kepolisian. Dia mengatakan polisi memiliki pertimbangan-pertimbangan lain.

"Kalau proses hukum terserah polisi, polisi punya pertimbangan tersendiri, apakah ini untuk efek jera kepada yang lain, karena kan bisa saja Habib Lutfhi menerima maaf, tetap polisi menjalankan proses hukum," ujarnya.

Dia kemudian menyamakan hal ini dengan kasus Wapres Ma'ruf Amin terkait foto yang disandingkan dengan bintang porno Jepang Kakek Sugiono. Meski Ma'ruf sudah memaafkan, Masduki mengatakan proses hukum tetap berjalan.

"Sama dengan kaitannya kasus Kiai Ma'ruf itu sudah memaafkan kepada yang bersangkutan bahkan Kiai Ma'ruf memberikan bantuan kepada keluarganya. Itu hati nurani kiai Ma'ruf, tapi ternyata bareskrim tetap aja memproses hukum karena pertimbangan ke yang lain," tuturnya.

Simak video 'Ustaz Maaher Nangis Ingin Cium Tangan Habib Luthfi':

[Gambas:Video 20detik]



Ustadz Maaher mengaku menyesal dan ingin meminta maaf kepada Habib Lutfhi, simak berita selengkapnya