Mulyadi Jadi Tersangka, SBY: Tetap Tabah, Teruslah Berjuang untuk Sumbar

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 07:42 WIB
SBY kembali menciptakan lagu yang bertujuan untuk memberikan semangat di tengah pandemi virus corona COVID-19. Lagu ini pun dinyanyikan oleh sederet penyanyi Tanah Air. Mulai dari Yuni Shara, Sandhy Sondoro, hingga Lala Karmela. Seperti apa?
SBY (Foto: 20detik)
Jakarta -

Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi, yang diusung Partai Demokrat dan PAN, ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana Pilkada. Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta Mulyadi terus berjuang.

"Pak Mulyadi harap Anda tetap tabah.Teruslah berjuang di jalan Allah untuk Sumatera Barat yang kita cintai," kata SBY dalam keterangan yang diterima detikcom, Minggu (6/12/2020).

Mulyadi ditetapkan sebagai tersangka beberapa hari menjelang pemilihan. SBY meyakini keadilan akan datang.

"Sering kali ada sesuatu yang sulit diterima oleh akal sehat (common sense), namun percayalah keadilan akan datang. Datangnya mungkin lambat, tapi pasti," katanya.

Bareskrim Polri menjerat Mulyadi sebagai tersangka dengan tindak pidana pemilu. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Jayadi.

"Betul, sudah ditetapkan status sebagai tersangka terhadap Saudara Ir H Mulyadi," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Jayadi saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (5/12).

Kasus ini bermula saat penasihat hukum pelapor Yogi Ramon Setiawan, Maulana Bunggaran, melaporkan adanya kampanye di luar jadwal yang dilakukan Mulyadi-Ali lewat tayangan di sebuah program TV ke Bareskrim Polri. Laporan tersebut mendapatkan LP dari Bawaslu bernomor 14/LP/PG/RI/00,00/XI/2020.

Maulana menjelaskan, dalam tayangan di program tersebut, Mulyadi-Ali menyampaikan visi-misi mereka. Kemudian, kata Maulana, ada juga slogan dari paslon tersebut yang ditampilkan saat acara berlangsung.

"Ada... slogan yang digunakan calon gubernur tersebut. Kedua, di dalam materi dari acara tersebut diduga merupakan penyampaian program ataupun visi maupun misi dari calon," tutur Maulana.

Simak video 'Kisah Cagub Mulyadi: Kecewa dengan Puan Hingga Tersangka Pilkada'

[Gambas:Video 20detik]



(lir/imk)