Polres Lotara NTB Gelar Deklarasi dan Doa Bersama untuk Pilkada Damai

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 23:12 WIB
Kapolda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal bersama Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menghadiri acara deklarasi damai dan doa bersama di Hotel Medana Bay Marina, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Sabtu (5/12/2020). Acara tersebut merupakan acara gabungan berbagai lembaga terkait seperti KPU, Bawaslu, Polri dan TNI, MUI, FKUB, guna menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020 yang aman, damai dan sehat.

Acara deklarasi damai dan doa bersama menghadirkan kedua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati KLU, yakni nomor urut 1 Johan-Danny (Joda) dan nomor urut 2 pasangan Najmul-Suardi (NADI) serta Ketua Koalisi Parpol maupun tim koordinasi relawan masing-masing Paslon.

Selain itu, hadir pula Dandim 1606/lobar, Kapolres Lombok Utara, PLT Bupati KLU, Ketua KPU Lombok Utara, Ketua Bawaslu Lombok Utara, Ketua MUI Lombok Utara, Ketua FKUB Lombok Utara dan Perwakilan Kejari Mataram dalam acara yang diinisiasi oleh Kepolisian Resor (Polres) Lombok Utara (Lotra) itu.

Selain kampanye damai dan doa bersama acara itu juga dirangkai dengan penandatanganan kesepakatan antara kedua Paslon. Di depan Kapolda, Danrem dan tamu undangan lainnya, kedua pasangan calon dan partai pengusung, serta semua yang hadir membaca ikrar sebagai wujud janji bersama dalam rangka menciptakan Pilkada yang damai dan sehat di KLU.

Terkait hal ini, Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal meminta kedua Paslon untuk mentaati ikrar yang telah dibaca, dengan harapan Pilkada KLU dapat berjalan aman, damai dan sehat, serta kondusif.

"Ini salah satu bagian dari ikhtiar, semoga proses pelaksanaan Pilkada hingga pada penetapan pemenang berjalan aman, damai dan kondusif serta melahirkan pemimpin yang amanah," ujar Kapolda.

Di samping itu, ia pun mengapresiasi acara yang diinisiasi Polres Lombok Utara tersebut.

"Memang ini yang kita harapkan, menciptakan Pilkada damai dan sehat adalah impian kita bersama," ungkapnya.

Apresiasi turut diberikan Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani kepada Polres Lotara atas upaya menciptakan Pilkada yang aman, damai dan sehat dengan harapan terciptanya kondusifitas wilayah selama Pilkada.

Menurut Ahmad, kehadirannya bersama Kapolda NTB sebagai atensi bagi para Paslon untuk berkompetisi secara sehat dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, sehingga dapat memberikan pelajaran demokrasi yang apik untuk masyarakat.

Ia juga meminta kepada para Paslon dan Parpol pendukung maupun tim sukses untuk senantiasa mematuhi isi deklarasi, tidak mudah terprovokasi serta mendorong Pilkada yang jujur dan adil, bebas dan rahasia sesuai moto pemilihan.

Dalam pelaksanaan Pilkada ini, lanjutnya, TNI-Polri akan bersikap netral dengan tidak memihak ataupun mendukung salah satu Paslon.

"Kami posisinya netral, tidak ada kepentingan apapun selain menjaga keamanan dan ketertiban sebelum, selama dan setelah pelaksanaan Pilkada," tegasnya

(mul/mpr)