4 dari 8 Tahanan Polres Sergai yang Melarikan Diri Berhasil Ditangkap

Ahmad Arfah - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 23:11 WIB
Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika-detik)
Foto: Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika-detik)
Serdang Bedagai -

Sebanyak 4 dari 8 orang tahanan yang kabur dari sel Polres Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), ditangkap. Salah satu di antaranya harus ditembak karena melawan saat akan ditangkap.

"4 orang kembali ditangkap. Putra Agus Pratama (20), Reza Pratama (16), M. Arifin (33), Misdarwansyah (28). Dilakukan tindakan tegas terukur kepada M. Arifin karena melakukan perlawanan terhadap petugas," ucap Kapolres Sergai, AKBP Robinson Simatupang, Sabtu (5/12/2020).

Robinson mengatakan seluruh tahanan diamankan dari sejumlah lokasi di Sergai. Kepada para tahanan ini akan diberikan hukuman tambahan.

"Sesuai pasal 170 KUHP tentang perusakan barang milik negara, hukumannya 5 tahun 6 bulan, ke empatnya merupakan tersangka kasus narkoba," ungkapnya.

Robinson juga meminta keluarga tahanan memberikan informasi jika mengetahui keberadaan tahanan lain yang masih kabur.

"Kami imbau kepada keluarga tahanan yang melarikan diri mari bekerja sama untuk memberikan informasi terkait keberadaan mereka," jelasnya.

Para tahanan itu kabur pada Minggu (22/11) dini hari. Mereka kabur dengan cara menggergaji besi di atas kamar mandi lalu kabur dari plafon.

"Benar dan kejadian ini diketahui oleh salah satu tahanan bernama Haryadi sekitar pukul 03.30 WIB saat dirinya mau berwudu. Haryadi melihat pecahan plafon dan ketika melihat ke atas besi beton sudah terbuka dan selanjutnya memberi tahu kepada tahanan yang lain dan kepada piket jaga," kata Kapolres Sergai, AKBP Robinson Simatupang, kepada wartawan.

(lir/lir)