Polisi Tangkap 1 Tahanan Polres Sergai yang Melarikan Diri, 7 Masih Dicari

Ahmad Arfah - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 14:03 WIB
Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika-detik)
Foto ilustrasi napi/tahanan kabur. (Andhika/detikcom)
Serdang Bedagai -

Polisi menangkap satu dari delapan orang tahanan Polres Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, yang melarikan diri. Tujuh tahanan lainnya masih diburu.

"Baru satu (yang ditangkap)," kata Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, saat dimintai konfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Nainggolan tidak menjelaskan di mana tahanan ini ditangkap. Dia mengatakan penangkapan dilakukan satu hari setelah para tahanan melarikan diri.

"Besoknya ketangkap satu orang," ucapnya.

Sebelumnya, delapan tahanan itu kabur pada Minggu (22/11) dini hari. Mereka kabur dengan cara menggergaji besi di atas kamar mandi lalu kabur dari plafon.

"Benar dan kejadian ini diketahui oleh salah satu tahanan bernama Haryadi sekitar pukul 03.30 WIB saat dirinya mau berwudu. Haryadi melihat pecahan plafon dan ketika melihat ke atas besi beton sudah terbuka dan selanjutnya memberi tahu kepada tahanan yang lain dan kepada piket jaga," kata Kapolres Sergai, AKBP Robinson Simatupang, kepada wartawan.

Dia mengatakan rutan tersebut overkapasitas. Menurutnya, ada 222 tahanan dalam 4 blok. Padahal, katanya, tiap blok seharusnya diisi maksimal 15 tahanan atau secara total berjumlah 60 orang tahanan.

"Ruang tahanan ini dijaga oleh empat dari Sat Sabhara, delapan personel dari Intel, Reskrim, Lantas dan Sat Narkoba ditambah ada Perwira Pengawas dan Perwira Pengendali dan semua itu sesuai SOP sudah kita mintai keterangan dan pertanggungjawabannya," ujar Robin.

(haf/haf)