Sosok Charlie Chaplin, Aktor Pantomim Kelas Dunia yang Dikaitkan dengan JK

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 18:36 WIB
1955:  Austrian actress and impersonator Telmy Talia checks her make-up after her uncanny transformation into Charlie Chaplin for a Paris nightclub show.  (Photo by Michel Brodsky/BIPs/Getty Images)
Foto: Charlie Chaplin (Michel Brodsky/BIPs/Getty Images)
Jakarta -

Ferdinand Hutahaean mengaitkan sosok komedian terkemuka Charlie Chaplin dengan Wakil Presiden RI ke-12 Jusuf Kalla. Calon Wali Kota Makassar Danny Pomanto juga menyinggung Chaplin dalam rekaman yang menuding JK di balik penangkapan Edhy Prabowo oleh KPK. Siapa sebenarnya Chaplin?

Chaplin dikenal sebagai komedian dan seniman pantomim yang dikenal secara luas di seluruh dunia. Dikutip dari Encyclopedia Britannica, Charlie Chaplin, nama panggilan Sir Charles Spencer Chaplin, dilahirkan pada 16 April 1889 di London, Inggris.

Dia dikenal sebagai komedian Inggris, produser, penulis, sutradara, dan komposer. Dia dianggap sebagai salah satu tokoh terpenting dalam sejarah film.

Charlie mulai menjadi komedian profesional pada 1897 ketika bergabung dengan Eight Lancashire Lads, sebuah pertunjukan tari bakiak. Dia juga ikut ambil peran kecil dalam film 'Sherlock Holmes' karya William Gillette (1899). Pada 1908, ia bergabung dengan rombongan pantomim Fred Karno. Dia dengan cepat naik ke status bintang sebagai The Drunk dalam sketsa ansambel 'A Night in a English Music Hall'.

Saat melakukan tur Amerika pada 1913, Chaplin dikontrak untuk tampil dalam film komedi 'Keystone' milik Mack Sennett. Chaplin tampil dengan mengimprovisasi pakaian yang terdiri atas mantel yang terlalu kecil, celana terlalu besar, dan sepatu floppy. Sebagai sentuhan akhir, dia menempelkan kumis dan memakai tongkat sebagai penyangga serbaguna. Inilah sosok khasnya yang membuatnya terkenal.

Pada tahun-tahun terakhirnya, Chaplin dianugerahi banyak penghargaan. Pada 1972, dia kembali ke Amerika Serikat untuk pertama kalinya dalam 20 tahun untuk menerima Academy Award khusus. Lima tahun kemudian, Chaplin meninggal dunia pada 25 Desember 1977 Corsier-sur-Vevey, Swiss. Namun namanya abadi dan terus dikenal sebagai seniman pantomim terbaik sepanjang masa.

Selanjutnya
Halaman
1 2