Gatot Sebut TNI Terlihat Seperti Era Orba, Legislator PDIP: Halusinasi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 13:30 WIB
Charles Honoris (Nur Azizah Rizki/detikcom)
Foto: Anggota Komisi I DPR RI dari F-PDIP Charles Honoris (Nur Azizah Rizki/detikcom)

Dihubungi secara terpisah, Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP, Tb Hasanuddin heran dengan pernyataan Gatot Nurmantyo. Ia pun meminta Gatot untuk menjelaskan persamaan yang dimaksudnya.

"Saya minta supaya GN menjelaskan apa samanya?" kata Hasanuddin.

Diberitakan sebelumnya, Presidium KAMI Gatot Nurmantyo menyampaikan penilaiannya tentang kinerja TNI. Eks Panglima itu menilai TNI kini terlihat seperti era Orde Baru. Bagi Gatot, TNI sudah berubah sebagai alat propaganda politik pemerintah.

"Kalau kita melihat perkembangan situasi yang terjadi akhir-akhir ini ada warning, peringatan, bahwa TNI telah terlihat menjadi seperti pada tahun Orde Baru yang lalu," papar Gatot kala menjadi pembicara dalam webinar yang digelar KAMI, Jumat (4/12/2020) malam.

Gatot bahkan melontarkan dugaan ada sejumlah pihak yang berusaha menggiring TNI berpolitik. Baginya, tindakan itu bisa membuat TNI jatuh pada titik terendah.

"Inilah yang dulu menyebabkan ABRI jatuh pada titik paling rendah," ucap Gatot

Gatot kemudian mendorong TNI dijaga profesionalismenya. Baginya, tugas itu bukan hanya menjadi tugas anggota TNI saja, melainkan juga tanggung jawab semua pihak di luar TNI. "Menjaga profesionalisme TNI bukan tanggung jawab TNI, tapi seluruh komponen bangsa," tegasnya.

Halaman

(hel/idh)