Viral ASN Joget Ria Abai Prokes Tuai Kecaman, Pemkab Pinrang Beri Teguran

Hasrul Nawir - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 20:21 WIB
Tangkapan layar video viral ASN Kantor Kecamatan Mattiro Sompe, Pinrang joget langgar Prokes (dok. Istimewa).
Tangkapan layar video viral ASN Kantor Kecamatan Mattiro Sompe, Pinrang joget melanggar prokes. (dok. Istimewa)
Pinrang -

Video sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di kantor Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), tengah berjoget tanpa protokol kesehatan viral di media sosial (medsos). Dalam video tampak sejumlah ASN tersebut berjoget tanpa jarak dan tak menggunakan masker.

Video viral tersebut lalu menuai banyak kecaman karena dianggap tak memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Para ASN itu diketahui tengah merayakan Camat Mattiro Sompe yang masuk masa pensiun.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pinrang, Andi Budaya Hamid, mengatakan pihaknya telah mengetahui hal tersebut. Pihak kecamatan telah dipanggil untuk dimintai klarifikasi.

Budaya mengatakan kegiatan tersebut adalah perpisahan penjabat kepala kecamatan di Kecamatan Mattiro Sompe, yang telah memasuki masa purnabakti. Namun, kata dia, video berdurasi 1 menit 59 detik yang viral sudah terlepas dari acara perpisahan.

"Menurut pihak kecamatan, kegiatan seremonialnya sudah selesai ketika seluruh panitia berkegiatan seperti yang terekam di video. Semua undangan sudah pulang," kata Budaya, Kamis (3/12/2020).

Namun, menurutnya, joget-joget tanpa menerapkan protokol kesehatan adalah perbuatan tak pantas dilakukan ASN. Pihaknya telah menegur ASN setempat agar tidak mengulangi perbuatan itu. Mereka juga diminta menyatakan permohonan maaf karena tidak memberi contoh baik terkait penerapan prokes COVID-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2