Pesan Satgas Jelang Pilkada: Pilih Pemimpin yang Taat Prokes Saat Kampanye

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 18:32 WIB
Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito
Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito (detikcom)
Jakarta -

Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito memberi imbauan terkait pemilihan kepala daerah (pilkada) di masa pandemi Corona. Wiku meminta masyarakat memilih pemimpin yang taat pada protokol kesehatan.

Awalnya, Wiku menjelaskan bahwa pilkada merupakan sesuatu yang penting untuk membawa daerah bangkit dari COVID-19. Dia meminta warga menggunakan hak pilihnya.

"Pertama, masyarakat pemilih harus menyadari pentingnya peran kepala daerah untuk membawa masing-masing daerah bangkit dari COVID-19. Saya benar-benar berharap masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin yang bertanggung jawab. Dan memiliki kapasitas serta komitmen untuk memimpin daerah di tengah masa pandemi," kata Wiku, dalam konferensi pers yang ditayangkan di kanal YouTube BNPB, Kamis (3/12/2020).



Selain itu, dia meminta warga memilih pemimpin berdasarkan latar belakang hingga kompetensi. Dia juga mengingatkan soal komitmen calon kepala daerah.

"Pelajarilah latar belakang, kompetensi, serta komitmen pemimpin daerah yang akan dipilih sebelum menentukan pilihan Anda," ungkapnya.

Dia mengajak warga memilih pemimpin yang patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19. Menurutnya, kepatuhan terhadap protokol kesehatan merupakan cermin pemimpin ke depannya.

"Poin yang tak kalah pentingnya, pilihlah pemimpin yang menaati aturan-aturan terkait protokol kesehatan saat melakukan kampanye. Karena hal ini dapat menjadi cerminan tanggung jawab pemimpin ke depannya," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2