Mayoritas Fraksi Tolak RUU HIP, DPR Masih Tinjau Prolegnas Prioritas 2021

Rahel Narda - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 14:01 WIB
DPR RI menggelar rapat paripurna pengambilan keputusan soal RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2021
Ilustrasi ruang paripurna DPR RI (Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta -

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI bersama pemerintah dan DPD RI masih belum mengambil keputusan usulan 38 RUU untuk masuk Prolegnas Prioritas 2021. Baleg DPR menegaskan ada delapan fraksi yang menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

"Delapan fraksi menolak (RUU HIP). Termasuk PPP menolak sejak dari rapat panja," kata Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Baidowi atau Awiek kepada wartawan, Kamis (3/12/2020).

Wasekjen PPP ini mengatakan RUU HIP seharusnya dikeluarkan Prolegnas Prioritas 2021. Namun sampai sejauh ini Baleg masih melakukan pengecekan untuk membandingkan RUU HIP dan RUU BPIP yang diusulkan pemerintah.

"RUU HIP harus dikeluarkan dari Prolegnas. Namun, karena pemerintah usulkan RUU BPIP, harus dicek lagi apakah ada kesamaan atau perbedaan," kata Awiek.

Menurut Awiek, saat ini DPR masih akan meninjau kembali sejumlah RUU yang akan dimasukkan ke Prolegnas Prioritas. Awiek menyebut pimpinan DPR dan pemerintah masih melakukan koordinasi terkait hal itu.

"Tadi kami baru saja rapat koordinasi dengan pimpinan DPR. Arahannya agar Prolegnas Prioritas 2021 lebih ditinjau kembali, dan juga pimpinan DPR akan konsultasi dengan pemerintah terkait RUU mana saja yang memungkinkan dibahas 2021," ujar Awiek.

"Tidak hanya mengusulkan, tapi juga harus dilihat urgensi dan efektivitas dalam pembahasan," sambungnya.

Awiek juga mengatakan, pengambilan Prolegnas Prioritas 2021 masih belum dijadwalkan. Pasalnya, proses komunikasi terkait Prolegnas Prioritas 2021 antara DPR dan pemerintah masih dilakukan.

"Belum terjadwal. Masih komunikasi dengan pemerintah," katanya.

Untuk diketahui, Baleg DPR RI sudah menunda rapat pengambilan keputusan usulan 38 RUU untuk masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021 sebanyak dua kali.

Tonton video 'Begini Prosesnya Jika RUU HIP Dicabut dari Prolegnas':

[Gambas:Video 20detik]



Daftar RUU usulan masuk prolegnas prioritas 2021 bisa dilihat di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2