Seekor Tapir Mati Usai Terperangkap di Dalam Sumur Tua di Sumsel

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 12:12 WIB
Tapir saat terjebak di sumur tua di Sumsel (dok. Istimewa)
Tapir saat terjebak di sumur tua di Sumsel. (Foto: dok. Istimewa)
Muara Enim -

Seekor tapir mati setelah masuk ke sumur tua di Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel). Satwa dilindungi itu mati diduga kelelahan karena terperangkap dalam sumur tua tersebut.

"Benar, ada seekor tapir mati di daerah Muara Enim kemarin sore. Kami dapat kabar sekitar pukul 17.30 WIB," kata Kepala Seksi Konservasi wilayah II BKSDA Sumatera Selatan, Tito, saat dimintai konfirmasi, Kamis (3/12/2020).

Tito mengatakan pihaknya mendapat kabar ketika tapir masih terperangkap di dalam lubang. Saat tiba di lokasi, katanya, tapir itu sudah mati dan dikuburkan.

"Dugaan sumur sudah lama. Kami dapat informasi langsung ke lokasi, ternyata di lokasi tapir sudah dikuburkan," kata Tito.

Dilihat detikcom dari video yang beredar, tapir tersebut terlihat lemas ketika berada di dalam sumur. Tapir tersebut terlihat beberapa kali berupaya mengangkat kaki dari dalam lumpur, namun tak berhasil.

Pada video lainnya, terlihat tapir tersebut dikelilingi anak-anak dan sudah dalam kondisi mati. Tapir kemudian dikuburkan warga Lubuk Raman, Rambang Nuru.

"Lokasi benar di Muara Enim. Ini petugas sedang ke lokasi lagi untuk memastikan kronologis kejadian. Kami minta kepada masyarakat yang melihat satwa dilindungi terperangkap untuk melapor secepatnya," kata Tito.

Tito menyebut tapir beberapa kali terlihat oleh warga. Tidak hanya di Muara Enim, tapir di Musi Rawas dan Musi Rawas Utara yang masih dikelilingi hutan lindung.

(ras/haf)