Djoko Tjandra: Pinangki Kenalkan Andi Irfan Jaya sebagai Konsultan

ADVERTISEMENT

Djoko Tjandra: Pinangki Kenalkan Andi Irfan Jaya sebagai Konsultan

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 23:49 WIB
Sejumlah anggota Polri menjadi saksi di sidang lanjutan untuk terdakwa Djoko Tjandra. Sidang tersebut digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta.
Djoko Tjandra dalam persidangan. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Djoko Tjandra menceritakan awal mula mengenal terdakwa Andi Irfan Jaya. Adalah Pinangki Sirna Malasari yang mengenalkan Andi Irfan Jaya sebagai konsultan kepada Djoko Tjandra.

"Pada 25 November, Pinangki, Anita, Andi Irfan Jaya di kantor saya, saya dikenalkan dengan Andi Irfan Jaya, yang perkenalkan Pinangki karena saya minta sebagai konsultan, beliau mengatakan 'ini Andi Irfan Jaya'," kata Djoko Tjandra menirukan perkataan Pinangki kala itu saat bersaksi dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (2/12/2020).

"Saat itu saya dikenalkan Andi Irfan Jaya sama Pinangki. Karena saya minta seorang konsultan, beliau (Pinangki) kenalkan ke saya Andi Irfan Jaya, konsultan untuk melengkapi permintaan saya, ada pengacara dan konsultan," imbuhnya.

Djoko mengaku saat itu langsung berbincang dengan Andi Irfan terkait tugas seorang konsultan. Dia juga mengaku saat itu memerintahkan Andi Irfan membuat action plan untuk membantunya keluar dari masalah hukum.

"Saya mengatakan tindakan hukum yang dikerjakan Anita (Kolopaking), lain-lainnya dikerjakan Andi Irfan, (lainnya, red) saya mintakan tolong bikin action plan," ucapnya.

Lebih lanjut, Djoko Tjandra mengatakan dalam pertemuan itu tidak dibicarakan spesifik seperti apa action plan tersebut. Namun, saat itu sudah dibahas biaya terkait fee action plan itu.

"Saya dan andi (bahas action plan), Anita duduk di situ tapi saya hanya bicara pembiayaan digabung satu, total menjadi USD 1 juta, USD 400 ribu Anita? Dan USD 600 ribu untuk Andi Irfan Jaya," ungkapnya.

Berikutnya, respons Andi Irfan Jaya soal action plan...

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT