Polri Dalami Pihak yang Diduga Sembunyikan Teroris Upik Lawanga

Tiara Aliya - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 21:36 WIB
Karopenmas Divis Humas Polri Brigjen Awi Setiyono
Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Awi Setiyono. (Foto: dok Divisi Humas Polri)
Jakarta -

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap buron kasus terorisme, Taufik Bulaga alias Upik Lawanga. Kini, Polri mendalami pihak-pihak yang diduga menyembunyikan Upik Lawanga.

"Terkait pengembangan kasus UL di Lampung, Tim Densus 88 Antiteror memang terus kami sudah sampaikan, bahwasanya Densus 88 Antiteror mengembangkan terhadap pihak-pihak yang diduga menyembunyikan UL," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Rabu (2/12/2020).

Awi menyebutkan bahwa hal ini dilakukan setelah salah satu terduga teroris yang masih satu jaringan dengan Upik Lawanga ditangkap di Palembang beberapa waktu lalu. Ia meyakini bahwa ada pihak lain yang membantu Upik Lawanga melarikan diri dan berpindah-pindah lokasi persembunyian.

"Karena yang bersangkutan berpindah-pindah dan ada pihak-pihak dari kelompok JI yang menyembunyikan. Makanya ditangkap Palembang 1, kemudian ada beberapa di Riau," sebutnya.

Namun, Awi enggan merinci lebih lanjut terkait hal ini. Ia mengatakan bahwa tim Densus 88 Antiteror masih melakukan proses pengejaran terhadap pihak-pihak yang berkaitan dengan Upik Lawanga.

"Namun data lengkap kami belum diberikan oleh Densus. Kalau sudah dapat akan kami sampaikan karena mereka masih proses pengejaran tentunya kalau kita buka pastinya mempengaruhi," tegasnya.

Tonton juga video '#PrayForSigi Bergema, Kutuk Pembunuhan Sadis oleh Teroris MIT':

[Gambas:Video 20detik]





Seberapa penting peran Upik Lawanga dalam Jamaah Islamiyah?

Selanjutnya
Halaman
1 2