Round-Up

Ricuh Demo di Makassar Tolak Habib Rizieq Bikin Massa Kena Busur Liar

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 21:30 WIB
Massa aksi tolak Habib Rizieq di Makassar Prawira Dirga terkena busur anak panah (dok. Istimewa).
Massa aksi tolak Habib Rizieq di Makassar Prawira Dirga terkena busur anak panah. (dok. Istimewa)
Makassar -

Unjuk rasa massa yang menolak Habib Rizieq Shihab di Kota Makassar seketika ricuh karena diserang sekelompok orang tak dikenal (OTK). Di tengah kericuhan, salah satu massa aksi, Prawira Dirga (26), terkena busur liar di bagian punggung.

Awalnya, Dirga yang tergabung dalam massa aksi yang mengatasnamakan dirinya Masyarakat Sulawesi Selatan menggelar aksi menolak Habib Rizeq di depan Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, pada Selasa (1/12) lalu. Aksi saat itu berlangsung damai, di mana massa memarkirkan sebuah truk dengan melintang di badan Jalan Jenderal Sudirman.

Dari atas truk, massa menyampaikan orasinya menolak Habib Rizieq di Makassar. Massa juga menempelkan berbagai spanduk bertuliskan penolakan Habib Rizieq di Makassar.

Demo tolak Habib Rizieq di Makassar ricuh (dok. istimewa).Demo tolak Habib Rizieq di Makassar ricuh (dok. istimewa).

Seketika datang sekelompok orang tak dikenal (OTK) menyerang massa aksi. Mereka melempar batu, mengejar massa aksi, hingga ada yang melepaskan busur panah dari sebuah katapel.

"Ada korban yang terkena busur. Iya 1 orang pengunjuk rasa," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (2/12/2020).

Korban yang dimaksud Ibrahim ialah Dirga. Usai terkena busur di bagian punggung, Dirga langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Namun panah busur yang menancap cukup dalam di bagian punggung Dirga membuat Dirga harus dirujuk ke RSUP Wahidin.

"Nggak ada alatnya di sini (RS yang merawat pertama kali), nggak ada spesialis bedah (jadi dirujuk)," Kapolsek Ujung Pandang AKP Bagas Sancoyoning kepada detikcom, Rabu (2/12).

Pelaku pembusuran massa aksi tolak Habib Rizieq akhirnya ditangkap polisi, simak selengkapnya di halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2