Polda NTB Gelar Rakernis untuk Pengamanan Pilkada & KSPN Mandalika

Faidah Umu Safuroh - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 21:22 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas Ditlantas Polda NTB. Acara tersebut diselenggarakan di Hotel Golden Palace Kota Mataram.

Iqbal didampingi para pejabat utama Polda NTB. Rakernis Fungsi Lalu Lintas Ditlantas Polda NTB ini digelar dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak 2020 dan pengamanan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)/KEK Mandalika 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam protokol kesehatan COVID-19. Para peserta yang hadir dipastikan sehat. Sebelum memasuki arena kegiatan, personel dari Bidokes Polda NTB mengecek suhu tubuh semua peserta dan disediakan juga hand sanitizer di pintu masuk tempat acara.

Rakernis Fungsi Lalu Lintas Ditlantas Polda NTB ini akan berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 2-3 Desember 2020. Dalam sambutannya, Iqbal memberikan apresiasi atas terselenggaranya Rakernis dengan memilih tema yang tepat dan strategis terhadap tantangan tugas ke depan dan diharapkan menjadikan pijakan untuk satker Polda lain yang melakukan giat serupa.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan mendukung program pembangunan nasional dan daerah. Sebab, program kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika sebagai salah satu penunjang pembangunan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya di Provinsi NTB dan pengamanan Pilkada serentak 2020 dengan terjaminnya situasi Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas yang kondusif.

Hal lainnya yang menjadi atensi pesan dan harapan dalam pelaksanaan rakernis dilaksanakan serius oleh peserta dan bangun teamwork melalui diskusi sehingga hasilnya bisa komprehensif dan mencapai sasaran yang direncanakan.

Menurut Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Noviar, pelaksanaan Rakernis kali ini diadakan dengan standar Protokol kesehatan COVID-19 yang ketat. Selain membahas kesiapan fungsi lalu lintas pada pengamanan Pilkada serentak 2020 dan konsep strategis pengamanan lalu lintas mendukung program KSPN/KEK Mandalika tambahan materi lainnya terkait tugas di bidang Regident dalam menyusun sistem penomoran kendaraan bermotor di Provinsi NTB, penegakkan hukum (Gakkum) terkait elektronik Turwali (e-Turwali).

"Dalam rakernis kali ini, kami juga mengundang pakar transportasi dari UNRAM, Kadis Perhubungan Provinsi NTB dan Kepala Balai Jalan Nasional NTB, sekaligus hal ini juga menindaklanjuti hasil FGD Korlantas Polri terkait KSPN Mandalika yang sebelumnya diadakan di Senggigi Lombok Barat dan Dirintelkam, Kabid Propam Polda NTB sebagai pemateri terkait di bidang Regident tentang sistem penomoran Khusus dan Rahasia," jelasnya.

Rakernis ini dihadiri oleh oleh seluruh Kasat Lantas beserta para Kanit Satlantas sejajaran Polda NTB dan seluruh Pejabat Utama Ditlantas Polda NTB.

(akn/ega)