Urutan Kejadian Ketegangan di Petamburan Gegara Polisi Dihadang Temui HRS

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 17:37 WIB
Penyidik dihadang laskar FPI (dok detikcom)
Penyidik dihadang laskar FPI di Petamburan, Jakpus. (dok detikcom)
Jakarta -

Penyidik Polda Metro Jaya sempat dihalangi hingga diusir oleh Laskar Pembela Islam (LPI) saat hendak menuju kediaman Habib Rizieq Shihab, di Petamburan, Jakarta Pusat, saat menyerahkan surat pemanggilan kedua. Meski begitu, akhirnya surat pemanggilan untuk Habib Rizieq bisa diserahkan.

Awalnya tiga penyidik Polda Metro Jaya datang ke Gang Paksi, Jl Petamburan III, Jakarta Pusat, sekitar pukul 11.00 WIB, Rabu (2/12/2020). Penyidik saat itu hadir didampingi Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan.

Namun saat itu, penyidik beserta Kapolsek Tanah Abang tidak bisa masuk ke rumah Habib Rizieq lantaran dihalangi laskar FPI. Tak hanya dihalangi ternyata pihak kepolisian juga sempat diusir oleh para laskar FPI saat memutuskan untuk meninggalkan lokasi Petamburan. Tak berhenti sampai di situ, pihak kepolisian kembali menghampiri kediaman Habib Rizieq. Setelah tiga kali bolak-balik, surat polisi akhirnya diterima pihak Habib Rizieq.

Berikut ini urut-urutan kejadian penyidik Polda Metro Jaya tiba hingga diusuir oleh Laskar FPI:

1. 3 Penyidik Polda Metro Jaya Dihalangi Laskar FPI

Penyidik Polda Metro Jaya kembali melayangkan surat panggilan kepada Habib Rizieq Shihab untuk diperiksa terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Namun upaya penyidik dihalang-halangi oleh laskar Front Pembela Islam (FPI).

Penyidik tidak dapat masuk ke rumah Habib Rizieq. Sejumlah personel laskar FPI membuat pagar betis memblokade akses ke rumah Habib Rizieq.

Saat itu 3 penyidik Polda Metro Jaya didampingi oleh Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan. Pihak kepolisian sempat berdiskusi alot dengan pihak FPI.

"Kita tadi sudah koordinasi dengan Pak Aziz Yanuar, mau antar surat pemanggilan sama tim penyidik dari Polda," ujar Singgih kepada laskar.

Namun laskar FPI tidak memberikan jalan kepada polisi. Laskar FPI meminta polisi menunggu terlebih dahulu.

2. Diskusi Alot soal Surat Terjadi Antara Polisi dan Laskar FPI

Diskusi alot antara polisi dan laskar FPI saat itu tidak terhindarkan. Seorang laskar kemudian mengatakan akan mengambil foto surat panggilan tersebut saja. Namun ia tidak mau menerima surat panggilan tersebut.

"Kita terima, tapi dengan foto, tapi kita tidak berhak menerimanya," tutur seorang laskar.

Penyidik kemudian bertanya kembali.

"Terus ini suratnya (diserahkan) ke siapa?" tanya penyidik.

"Ini surat kemarin Habib kita undang, kemudian dari tim lawyer minta bantuan kami, 'Nih, Bang Fadilah (penyidik), tolong minta waktu karena beliau tetep hadir, kita kabulkan nih, kita schedule-kan supaya formilnya dapet ya," sambung penyidik.

Laskar kemudian kembali menjelaskan pihaknya akan mengambil foto dokumen surat panggilan polisi saja dengan alasan sesuai arahan pengacara.

"Arahan dari tim pengacara diterima tapi difoto, arahan dari pengacara," tuturnya.

Simak video 'Ada Seruan Jihad saat Pendukung HRS Mengadang Polisi di Petamburan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3