Mengapa Laskar FPI Berkeras Tolak Polisi Masuki Gang Rumah HRS?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 17:35 WIB
Penyidik dihadang laskar FPI (dok detikcom)
Penyidik dihadang laskar FPI. (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Penyidik Polda Metro Jaya datang ke Petamburan, Jakarta Pusat, untuk memberikan surat pemanggilan terhadap Habib Rizieq Shihab. Namun kedatangan itu dihalang-halangi oleh laskar Front Pembela Islam (FPI), sehingga membuat penyidik harus datang beberapa kali. Ada apa?

Pantauan detikcom di Gang Paksi, Jl Petamburan III, Jakarta Pusat, Rabu (2/12/2020), polisi mulai datang pukul 11.00 WIB. Ada tiga penyidik Polda Metro Jaya yang datang ke lokasi. Penyidik didampingi Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan.

Namun penyidik tidak dapat masuk ke rumah Habib Rizieq. Sejumlah personel laskar FPI membuat pagar betis memblokade akses ke rumah Habib Rizieq. Sempat terjadi dialog dengan para laskar FPI tapi, tetap, penyidik tidak bisa memberikan surat pemanggilan itu.

Penyidik datang lagi ke lokasi pukul 13.20 WIB yang dipimpin Kompol Fadilah. Fadilah bersama lima penyidik lainnya kembali dihadang oleh puluhan laskar FPI. Massa kemudian berteriak 'Allahu Akbar... Allahu Akbar!".

"Kau sudah menghina junjungan Nabi...," teriak seorang laskar yang kemudian diminta diam oleh laskar lainnya.

"Allahu Akbar.... Allahu Akbar.... Jihad.... Jihad!" teriak massa lagi.

"Hayya alal jihaad... Allahu Akbar," teriak laskar lagi.

Polisi yang datang masih berhadap-hadapan dengan massa. Polisi tampak tenang dan tidak terpancing warga.

Massa kemudian melantunkan selawat. Situasi di lokasi riuh, sementara penyidik masih bertahan.

Namun laskar FPI berkeras menghalangi penyidik. Suasana di sekitar kediaman Habib Rizieq memanas ketika kedatangan penyidik Polda Metro Jaya. Laskar FPI yang berjaga berteriak meminta polisi segera keluar meninggalkan Jalan Petamburan III. Massa menggiring polisi sambil berteriak meminta keluar.

"Keluar lu, keluar!" ujar massa.

Polisi tampak tenang menghadapi laskar FPI yang terus-menerus meminta mereka keluar dari Petamburan III. Polisi tidak reaktif kepada massa. Polisi sendiri datang ke Petamburan untuk menyerahkan surat pemanggilan terhadap pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, Habib Rizieq hari ini sudah berada di kawasan Petamburan. Sebelumnya saat panggilan pertama dilayangkan, Habib Rizieq tengah berada di kawasan Bogor.

Lantas, kenapa Laskar FPI terus menghalangi penyidik, simak berita selengkapnya >>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2