Soal Pendanaan JI, PD: Harus Tertibkan Kotak Amal agar Tak Disalahgunakan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 12:23 WIB
Benny K Harman
Foto: dok. DPR
Jakarta -

Polri menyebut Jamaah Islamiyah (JI) menyalahgunakan kotak amal untuk pendanaan terorisme. Partai Demokrat (PD) meminta negara menertibkan kotak amal agar tidak disalahgunakan.

"Menurut saya, negara harus tertibkan kotak-kotak amal agar tidak disalahgunakan," kata Waketum Benny K Harman kepada wartawan, Rabu (2/12/2020).

Anggota Komisi III DPR RI ini menyoroti perlunya sertifikasi hingga badan hukum dari keberadaan dana sosial. Menurutnya, penggunaan dana sosial harus memiliki pertanggungjawaban yang jelas.

"Lembaga-lembaga yang selama ini menghimpun dana dari masyarakat atas nama dana sosial harus diberi sertifikasi, badan hukumnya, tujuan berdirinya, dan penggunaan dana hasil donasi masyarakat harus jelas pertanggungjawabannya," ujar Benny.

Di sisi lain, Benny menyoroti kebenaran dari informasi mengenai JI yang menyalahgunakan dana kotak amal. Ia mempertanyakan apakah informasi itu hanya stigma semata yang dibentuk aparat kepolisian.

"Makanya, saya tanya, bagaimana tahunya dana amal sosial itu dipakai untuk kepentingan ISIS? Apa ini bukan stigma yang dibangun polisi untuk mobilisasi dukungan terhadap langkah yang polisi lalukan?," ujar Benny.

Selanjutnya
Halaman
1 2