Rekrutmen Bintara Polri Proaktif 2021, Polda Lampung: Prinsipnya 'BETAH'

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 23:32 WIB
Proses Seleksi Bintara Polri Proaktif Tahun 2021 di Polda Lampung
Proses Seleksi Bintara Polri Proaktif Tahun 2021 di Polda Lampung (dok. Istimewa)
Bandar Lampung -

Polda Lampung membuka rekrutmen Bintara Polri Proaktif Tahun 2021. Polda Lampung menekankan prinsip proses seleksi calon bintara adalah Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis (BETAH).

"Rekrutmen bintara proaktif ini tetap menggunakan prinsip BETAH. Diharapkan dengan adanya jalur ini, dapat menciptakan anggota Polri yang profesional, modern dan terpercaya. Rekrutmen ini juga menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya," kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad dalam keterangan tertulis, Selasa (1/12/2020).

Pandra menuturkan seleksi calon bintara Polri ini telah berlangsung dari 28 November sampai 23 Desember nanti. Ada tiga kategori penerimaan calon bintara.

"Polda Lampung akan melaksanakan rekrutmen Bintara Polri Proaktif dengan 3 kategori, yakni Affirmative Action, Talent Scouting, dan Penghargaan," ucap Pandra.

Kategori Affirmative Action, jelas Pandra, adalah kebijakan yang diberikan secara khusus kepada kelompok atau golongan tertentu secara proporsional, bagi peserta seleksi dari berbagai daerah di Indonesia meliputi wilayah suku pedalaman terpencil seperti di hutan, gunung, perairan pesisir dan pulau-pulau kecil terluar atau perbatasan.

"Kategori Talent Scouting merupakan proses pencarian dan pemanduan calon anggota Polri yang memiliki bakat khusus, minat dan potensi khusus yang dibutuhkan oleh Polri dari prestasi akademik dan prestasi non-akademik. Prestasi akademik meliputi juara 1 sampai 3 Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten, juara 1 sampai 5 Olimpiade Sains Tingkat Provinsi, juara 1 sampai 10 Olimpiade Sains Nasional," papar Pandra.

Selanjutnya
Halaman
1 2