Tommy Sumardi: Brigjen Prasetijo Terima USD 50 Ribu Bukan USD 20 Ribu

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 23:12 WIB
Tommy Sumardi, mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC). Tommy menilai dirinya pantas mengajukan JC karena telah mengungkap kebenaran.
Terjerat Kasus Djoko Tjandra, Tommy Sumardi Saat Ajukan Diri sebagai JC. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Terdakwa Tommy Sumardi membantah kesaksian Brigjen Prasetijo Utomo yang mengaku menerima uang USD 20 ribu sebagai uang persahabatan dari Tommy. Menurut Tommy, uang yang diterima Prasetijo adalah USD 50 ribu, bukan USD 20 ribu.

"Semua itu pertama yang dilihat di mobil, 'kok banyak banget Ji, uang siapa itu?' Saya bilang saya akan serahkan sana, 'ini saya bagi dua'. Itu yang pertama Yang Mulia," kata Tommy di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2020).

"Jumlahnya berapa?" tanya hakim ketua Muhammad Damis.

"Jumlahnya USD 50 ribu. Bukan (USD 20 ribu) yang mulia, USD 50 ribu," jawab Tommy.

Selain itu, Tommy mengaku ada penyerahan lagi sebesar USD 50 ribu. Total yang diserahkan ke Prasetijo sebesar USD 100 ribu.

Besan mantan PM Malaysia, Najib Razak itu juga mengatakan Prasetijo mengetahui pemberian uang ke Irjen Napoleon Bonaparte sebesar USD 50 ribu pada 27 April 2020. Tommy menyebut Prasetijo melihat saat penyerahan uang itu.

"Tidak semuanya tahu (pemberian ke Irjen Napoleon), tapi beliau ada yang tahu, yang USD 50 ribu tanggal 27 April 2020, dia lihat saat serahkan uang itu," tutur Tommy.

Brigjen Prasetijo mengaku menerima uang dari Tommy Sumardi. Bagaimana pengakuan Prasetijo. Simak selengkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2