Beda Anita, Tommy Sumardi dan Prasetijo soal Presentasi Bahas Djoko Tjandra

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 22:20 WIB
Sejumlah anggota Polri menjadi saksi di sidang lanjutan untuk terdakwa Djoko Tjandra. Sidang tersebut digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta.
Djoko Tjandra (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ada yang menarik di sidang kasus dugaan suap terkait red notice Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra. Dua saksi yang dihadiri di sidang terdakwa Tommy Sumardi memiliki keterangan berbeda-beda.

Adalah Anita Dewi Anggraini Kolopaking dan Brigjen Prasetijo Utomo. Keduanya memiliki keterangan yang berbeda terkait pertemuan yang disertai presentasi pembahasan hukum Djoko Tjandra.

Awalnya Anita Kolopaking mengaku bertemu dengan Brigjen Prasetijo dikenalkan oleh Tommy Sumardi. Kemudian, diminta Tommy Sumardi mempresentasikan kasus Djoko Tjandra ke Prasetijo di ruang kerjanya.

"Ketemu, saya masuk ruangan Pak Pras (Prasetijo) sudah ada Pak Tommy Sumardi di dalam. Saya presentasi, jadi saya presentasi untuk yang ada di situ," kata Anita di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2020).

Anita mengaku presentasi terkait perkara Djoko Tjandra mulai dari hukuman tahun 1999 hingga PK dari Kejagung 2009. "Mengenai masalah hukum Djoko Tjandra sejak putusan PN Jaksel, kasasi, proses eksekusi kasasi, dan PK 2009, dan putusan-putusan MK," kata Anita.

Selain presentasi di hadapan Tommy dan Prasetijo, Anita mengaku juga presentasi di depan Sekretaris NCB Interpol yang saat itu dijabat oleh Brigjen Nugroho Slamet Wibowo. Saat itu, Anita mengaku presentasi dengan materi yang sama dan ditemani oleh Prasetijo.

"Iya (presentasi di tempat lain, red) sama Pak Bowo (Brigjen Nugroho Slamet Wibowo), ditemani Pak Pras," tutur Anita.

Berbeda dengan Anita, Brigjen Prasetijo yang juga menjadi saksi dari sidang ini memang membenarkan adanya pertemuan dengan Anita Kolopaking dan Tommy. Namun, Prasetijo tidak membenarkan adanya presentasi itu.

"Pertama (Anita) kenalin dulu, duduk dulu, kan polisi pelayanan. Ditanya dulu, ibu siapa? (Anita jawab) 'Saya mau jelasin soal masalah hukum Pak Djoko (Djoko Tjandra)'. Saya tolak itu, 'Bu saya nggak mau, untuk apa, nggak ada hubungannya sama saya kok'," kata Prasetijo.

"Presentasi akhirnya gimana?" tanya jaksa.

"Nggak jadi, saya tolak itu," tegas Prasetijo.

Selanjutnya
Halaman
1 2