Gunung Lewotolo Erupsi, Hujan Abu Terjadi di Sejumlah Wilayah Lembata NTT

Antara - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 14:07 WIB
Gunung Ili Lewotolo di Lembata, Nusa Tenggara Timur. (PVMBG)
Gunung Ili Lewotolo di Lembata, Nusa Tenggara Timur (Foto: dok. PVMBG)
Jakarta -

Gunung Ili Lewotolo (Lewotolok) di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), sempat mengalami erupsi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan hujan abu dan kerikil mengguyur sebagian wilayah di Lembata.

Dilansir Antara, Minggu (29/11/2020), Kasubbid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur ESDM Devy Kamil Syahbana mengatakan hujan abu terjadi di sektor barat hingga selatan gunung api tersebut. Akibat hujan abu ini, warga setempat melakukan evakuasi mandiri ke Lewoleba.

"Ya, erupsi saat ini ketinggiannya 4.000 meter di atas puncak, lebih tinggi dari sebelumnya. Aktivitas magmatik masih tinggi di Lewotolok. Hujan abu terjadi, utamanya di sektor barat hingga selatan gunung api," katanya saat dihubungi Antara dari Kupang terkait perkembangan aktivitas erupsi Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang terjadi sejak Jumat, (27/11).

Devy mengatakan saat ini ancaman bahaya utamanya berupa jatuhan material vulkanik. Jatuhan material ini mulai dari ukuran kerikil hingga abu.

Devy kemudian mengimbau masyarakat menggunakan masker. Selain itu, untuk sementara waktu, warga diminta keluar dari radius bahaya.

Saat ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi tengah menyiapkan evaluasi terbaru yang mungkin akan dirilis beberapa waktu ke depan.

Gunung Ili Lewotolok atau Ile Ape merupakan jenis gunung berapi stratovolcano yang terletak di bagian utara Pulau Lembata, Lembata, NTT.

Selanjutnya
Halaman
1 2