Round-Up

Gesekan di Gang Habib Rizieq, Pencopotan Baliho Jadi Pemantik

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 05:02 WIB
Kegiatan pencopotan baliho Habib Rizieq Syihab
Foto: Kegiatan pencopotan baliho Habib Rizieq (dok. istimewa)
Jakarta -

Penurunan baliho Habib Rizieq Syihab (HRS) di Jakarta oleh personel TNI disebut menorehkan rasa sakit hati para pendukung Habib Rizieq. Kekecewaan itu menjadi salah satu alasan laskar menjaga ketat kediaman Imam Besar Front Pembela Islam (FPI).

Awalnya Dandim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf Luqman Arief sempat ditolak saat hendak masuk ke gang rumah Habib Rizieq Syihab (HRS) di Petamburan, Jakarta Pusat pada Jumat (27/11/2020).

Personel TNI yang akan menyemprotkan disinfektan di sekitar rumah Habib Rizieq terlibat adu mulut dengan laskar FPI.

Baik FPI dan pihak Kodam Jaya menilai peristiwa itu kesalahpahaman semata. Hingga akhirnya personel TNI hanya dibolehkan oleh laskar FPI menyemprot Jalan Petamburan III.

Gesekan TNI-Laskar FPI di Petamburan

Peristiwa penolakan itu terjadi saat personel TNI akan menyemprotkan disinfektan di sekitar rumah Habib Rizieq.

Dandim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf Luqman Arief yang memimpin kegiatan itu, melakukan penyisiran Jalan Petamburan III.

Saat mereka hendak melakukan penyemprotan ke Gang Paksi, beberapa anggota laskar FPI menjaga gang menuju rumah Habib Rizieq. Mereka tak berkenan dilakukan penyemprotan hingga ke rumah Habib Rizieq.

"Sementara yang disemprot di bagian luar saja. Seperti yang lain juga kanan-kiri di bagian luar saja. Karena di dalam mereka sudah inisiatif melakukannya sendiri. Kita hanya mengimbau mereka harus jaga kesehatan kita bersama," kata Luqman Arief usai berdebat alot dengan laskar FPI.

Pihak TNI akhirnya hanya dibolehkan oleh laskar FPI menyemprot Jalan Petamburan III.

Luqman Arief mengatakan penyemprotan disinfektan dilakukan demi mencegah penyebaran COVID-19 di sekitar lokasi. Meskipun sempat ditolak masuk, Luqman Arief menegaskan Petamburan masih wilayah NKRI, tak ada yang diistimewakan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4