Anies di HUT PGRI Ke-75: Guru Sejak Awal Pendorong Perubahan

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 20:07 WIB
Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Andika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi bagi jasa para guru, termasuk di tengah pandemi COVID-19. Dia mengatakan guru adalah pendorong perubahan.

"Guru sejak awalnya adalah pendorong perubahan. Ikut bekerja meraih kemerdekaan kemudian jadi garda terdepan di depan anak-anak kita, menyiapkan masa depan," Anies, Sabtu (28/11/2020).

Hal tersebut disampaikan Anies saat memberi sambutan dalam puncak peringatan HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) yang dilangsungkan secara virtual. Anies mengatakan dunia pendidikan dihadapkan tantangan baru karena pandemi Corona.

Kondisi ini membuat kreativitas para guru diuji untuk tetap memberikan sumbangsih bagi masa depan anak bangsa.

"Tantangan yang dihadapi tidak sederhana, kita dihadapkan dengan pandemi. Proses belajar kini tidak bertatap muka dan harus dengan jarak jauh. Ini adalah tantangan bagi dunia pendidikan," kata Anies.

Seperti yang diketahui, pemerintah mengambil kebijakan agar kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara virtual demi mencegah penularan COVID-19. Anies meyakini para pendidik dan guru mampu menghadapi dan terus berinovasi untuk dunia pendidikan.

"Saya percaya guru bisa kreatif, inovatif, dan memunculkan terobosan untuk menghadapi tantangan seperti saat ini," tambah eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini.

Anies juga menyampaikan harapan besarnya bagi dunia pendidikan. Ia ingin sosok guru tidak hanya mengajar namun juga menggerakkan perubahan dan membentuk karakter bangsa.

Simak video 'Peringati Hari Guru 2020, Jokowi Apresiasi Perjuangan di Masa Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2