Kasus Kerumunan Massa HRS Naik Penyidikan, PAN Minta Polisi Tak Pilih Kasih

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 05:24 WIB
Kedatangan hingga acara yang dihadiri Habib Rizieq dipadati pendukung dan menimbulkan kerumunan di tengah pandemi. Kerumunan itupun mendapat komentar dari sejumlah pihak.
Foto: Kerumunan massa Habib Rizieq (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)
Jakarta -

Polisi menaikkan status kasus kerumunan massa acara Habib Rizieq Syihab (HRS) di Petamburan, Jakarta Pusat dan Megamendung, Jawa Barat ke tahap penyidikan. Wakil Ketua Komisi III, Pangeran Khairul Saleh meminta proses penyidikan kasus kerumunan massa Habib Rizieq harus dilakukan dengan transparan dan berkeadilan.

"Kami berpendapat bahwa pelaksanaan proses hukum benar-benar dilakukan berdasarkan bukti-bukti yang ada dan dilaksanakan secara transparan dan berkeadilan tanpa pilih kasih," kata Pangeran saat dihubungi, Jumat (27/11/2020).

Menurut Ketua DPP PAN ini, hal itu agar tidak menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Sebab, ia mengatakan jika polisi tidak adil maka akan menimbulkan ketidakpercayaan publik kepada aparat penegak hukum.

"Sehingga tidak menimbulkan polemik di masyarakat dan kecurigaan adanya kriminalisasi yang bisa menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap aparat hukum dan pemerintah," sebutnya.

Pangeran juga mengajak seluruh masyarakat untuk menghormati proses hukum yang sedang berjalan. "Bahwa kita adalah negara hukum dan tunduk pada aturan aturan hukum yang ada. Sehingga kita menghormati proses hukum yang dilakukan oleh penyidik Polda termasuk pasal-pasal yang digunakan," imbuhnya.

Penjelasan polisi soal kasus kerumunan massa Habib Rizieq naik penyidikan di halaman berikutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2