Pengambilan Keputusan Prolegnas Prioritas 2021 Ditunda Lagi

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 15:13 WIB
Gedung DPR
Gedung MPR/DPR (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI kembali menunda pengambilan keputusan usulan 38 RUU untuk masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021. Penundaan itu karena waktu yang tidak pas, sementara sebagian anggota DPR berada di dapil.

"Ditunda, jadi karena masalah soal waktu saja, karena hari ini hari Jumat, banyak anggota di dapil juga," kata Wakil Ketua Baleg RI Achmad Baidowi (Awiek) saat dihubungi, Jumat (27/11/2020).

Adapun di jadwal yang telah ditentukan, pengambilan keputusan Prolegnas 2021 itu seharusnya dilakukan hari ini pukul 14.00 WIB. Awiek mengatakan akan kembali menyusun waktu dengan Menkum HAM Yasonna Laoly.

"Jadi soal waktunya nanti disesuaikan kesepakatan waktu antara Menkum HAM dan Baleg DPR RI, jika ada hal hal lain, jadi hanya soal waktu aja," ucapnya.

Sebelumnya, Baleg DPR RI bersama pemerintah dan DPD RI menyepakati menunda pengambilan keputusan usulan 38 RUU untuk masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021 pada Rabu (25/11) lalu. Hasil ini berdasarkan hasil lobi antara semua fraksi, pimpinan Baleg, pemerintah, dan DPD.

Awalnya, total ada 38 RUU usulan dari DPR, pemerintah, DPD RI. Rinciannya, 25 RUU usulan DPR, 9 RUU usulan pemerintah, 2 RUU usulan DPD RI, dan 2 RUU usulan bersama DPR dan pemerintah.

"Oleh karena itu saya menawarkan sebelum kita ambil proses pengambilan keputusan mungkin, kepada teman-teman kita lakukan forum lobi. Sejenak sebelum kita ambil keputusan. Kita undang pemerintah Pak Menteri, DPD dan teman-teman poksi," kata Ketua Baleg Supratman, dalam rapat, Rabu (25/11).

38 RUU usulan itu dari DPR, pemerintah, DPD RI. Rinciannya, 25 RUU usulan DPR, 9 RUU usulan pemerintah, 2 RUU usulan DPD RI, dan 2 RUU usulan bersama DPR dan pemerintah.

Berikut daftar 38 RUU usulan untuk masuk Prolegnas Prioritas 2021:

Selanjutnya
Halaman
1 2