Kasus Kerumunan di Acara Habib Rizieq di Petamburan Naik Penyidikan

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 16:30 WIB
Jemaah memadati acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Sabtu (14/11/2020). Mereka berkerumun tanpa menjaga jarak.
Kerumunan massa di acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya telah melakukan gelar perkara terkait kasus kerumunan massa di acara Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Jakarta Pusat. Kasus itu kini naik ke tingkat penyidikan.

"Pagi tadi dilakukan gelar perkara oleh tim penyidik dan dari hasil gelar perkara sudah dianggap cukup untuk dinaikkan ke tingkat penyidikan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (26/11/2020).

Menurut Yusri, usai melakukan analisis dari keterangan para saksi yang telah diklarifikasi, polisi telah menemukan adanya unsur pelanggaran pidana dari kasus kerumunan tersebut.

Dia menambahkan pelanggaran protokol kesehatan tersebut telah memenuhi unsur-unsur pasal yang dipersangkakan, yaitu UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Setelah gelar perkara telah memenuhi unsur-unsur persangkaan di Pasal UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan," imbuh Yusri.

Lebih lanjut, Yusri mengatakan ke depan pihaknya akan kembali mengumpulkan sejumlah alat bukti lainnya, mulai dari keterangan saksi hingga bukti-bukti petunjuk lainn. Namun dia belum memerinci pihak-pihak mana saja yang akan dipanggil oleh penyidik.

"Kita ke depan mencari keterangan saksi, alat bukti yang ada. Bukti petunjuk yang ada. Kita akan memanggil lagi saksi-saksi yang lain. Ini baru tindak lanjut ke depan, kita tunggu saja," ujar Yusri.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2