Round-Up

4 Fakta Iis Rosita Dewi yang Bukan Sekadar Istri Edhy Prabowo

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 05:02 WIB
Iis Rosita Dewi, Istri Edhy Prabowo
Istri Menteri KKP Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi (Foto: Instagram @iisedhyprabowo)
Jakarta -

Sosok Iis Rosita Dewi menjadi sorotan usai dirinya ikut terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Iis Rosita Dewi bukan hanya sekadar istri Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, namun ia juga anggota DPR RI periode 2019-2024.

Iis Rosita Dewi dan Edhy Prabowo ditangkap KPK saat sedang berada di Bandara Soekarno-Hatta. KPK juga menangkap sejumlah orang dari KKP atas dugaan kasus ekspor benur lobster.

"Benar KPK tangkap, berkait ekspor benur," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Rabu (25/11/2020).

Mereka ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta. Usai ditangkap, rombongan dibawa dan tiba di gedung KPK. Penyidik KPK Novel Baswedan terlihat masih berada di gedung KPK saat rombongan tiba.

Iis turut ditangkap KPK bersama Edhy Prabowo dalam OTT pada Rabu (25/11) dini hari sepulang dari Amerika Serikat. Total ada 17 orang ditangkap termasuk Edhy dan istrinya.

"Tadi pagi jam 01.23 WIB di Soetta. Ada beberapa dari KKP dan keluarga yang bersangkutan," ujarnya.

KPKpun telah menetapkan Edhy Prabowo beserta 6 orang lainnya sebagai tersangka kasus suap impor benih lobster. Istri Edhy Prabowo, Iis Rosita pun dibebaskan lantaran tidak masuk dalam 6 orang lainnya yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Lebih lanjut, KPK mengaku belum menemukan keterlibatan Iis dalam kasus dugaan suap ekspor benih lobster. Berdasarkan ekspose tersebut KPK baru menemukan keterlibatan tujuh orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

"KPK sampai menggelar konferensi pers ini sebelumnya telah melakukan gelar perkara, pimpinan dan Pak Satgas, dan kemudian Kedeputian Penindakan. Dalam gelar perkara itu disimpulkan bahwa sejauh ini baru yang 7 orang yang kami sebutkan tadi yang memenuhi minimal pembuktian dua alat bukti. Sejauh ini baru yang 7 orang ini saja," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam konferensi pers di kantornya, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (26/11).

Iis sendiri hanya diperiksa sebagai saksi dan tidak menjadi tersangka. Iis pun dibebaskan oleh KPK.

Berikut 4 fakta menarik mengenai sosok Iis Rosita Dewi yang ikut ditangkap dalam OTT terkait ekspor benur lobster. Simak penjelasannya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5